Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, menempatkan tim pengurai macet di sejumlah titik rawan kemacetan di sepanjang jalur utama Cianjur seiring tingginya volume kendaraan selama libur panjang Natal 2023.

Pantauan ANTARA, Minggu petang, laju kendaraan tersendat di sejumlah titik rawan macet seperti Puncak Pass, pertigaan Hanjawar, pertigaan Kebun Raya Cibodas dan Pasar Cipanas, dan petugas gabungan disiagakan guna mengantisipasi macet total.

Rekayasa arus seperti sistem satu arah diberlakukan sejak Sabtu (23/12) seiring tingginya volume kendaraan pendatang yang hendak menghabiskan libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan tujuan hotel dan obyek wisata di wilayah utara seperti Cipanas, Pacet dan Sukaresmi.

Tim pengurai macet bermotor disebar di sepanjang jalur rawan macet mulai dari kawasan Puncak, Cipanas, Jalan Raya Bandung-Cianjur, guna mengantisipasi macet total seiring tingginya volume kendaraan yang melintas sejak dua hari terakhir.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Adhi Prasidya di Cianjur Minggu, mengatakan selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polres Cianjur mengaktifkan pos pengaman (pos pam) yang tersebar dari perbatasan Puncak Pass hingga perbatasan Cianjur dengan Kabupaten Bandung Barat, sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara.

"Petugas gabungan disebar di masing-masing pos pam selama satu pekan ke depan untuk memberikan berbagai pelayanan, termasuk mengatur arus lalu lintas agar tetap berjalan lancar, menerapkan rekayasa arus untuk mengurai antrean," katanya.

Hingga Minggu petang, tutur dia, volume kendaraan terus meningkat memasuki kawasan Puncak-Cianjur sehingga antrean kendaraan dengan laju tersendat terlihat mulai dari Puncak Pass hingga Pasar Cipanas dan jalur protokol Cianjur, namun tidak menyebabkan macet total.

"Kita berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan sistem satu arah menuju Bogor ketika antrean kendaraan dengan laju terhenti lebih dari dua kilometer, bahkan untuk antisipasi macet total penutupan dari Cianjur akan diberlakukan sampai antrean mencair di kawasan Puncak, " katanya.

Dia menambahkan, untuk tim pengurai dibantu Polsek di sepanjang jalur utama Cianjur akan memberlakukan sistem buka tutup satu arah yang sifatnya situasional serta melakukan penyekatan ketika volume kendaraan meningkat dengan laju tersendat di titik rawan macet di jalur penghubung antar kota/kabupaten seperti Jalan Raya Bandung dan Jalan Raya Sukabumi-Cianjur.

Baca juga: Antrean kendaraan merayap di gerbang TMII saat puncak libur Natal 2023
Baca juga: Lalu lintas lancar, contraflow di Tol Jakarta-Cikampek dihentikan
Baca juga: Pantai jadi destinasi wisata favorit liburan Natal di Ancol

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023