Karawang (ANTARA) - Petugas Jasamarga dan kepolisian menghentikan penerapan contraflow di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek setelah mencairnya kepadatan arus lalu lintas pada Minggu siang.

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo dalam keterangannya di Karawang, Jabar, Minggu, menjelaskan setelah diberlakukan contraflow dari KM 47 sampai KM 65 ruas Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu pagi, pihaknya bersama petugas kepolisian menghentikan kebijakan tersebut pukul 11.05 WIB.

Penerapan dan penghentian contraflow di Tol Jakarta-Cikampek itu berdasarkan diskresi pihak kepolisian.

Contraflow adalah sistem pengaturan lalu lintas yang dapat mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol. Sistem rekayasa lalu lintas ini mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah dan dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

Baca juga: Contraflow kembali diterapkan di KM 55-65 jalan Tol Jakarta-Cikampek

Kebijakan ini menjadi salah satu cara petugas kepolisian dan pengelola jalan tol untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek pada musim libur Natal dan tahun baru

Di antara tujuan contraflow ialah mengatasi kepadatan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan parah. Setelah arus lalu lintas terpantau lancar, contraflow dihentikan.

Pada Minggu siang, kondisi arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek ramai lancar untuk kedua arah.

Baca juga: Contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek akhirnya dihentikan

Ria mengatakan pada musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan 18 gardu tol dari kondisi normal sebanyak 15 gardu tol.

Selain itu juga dilakukan penyiagaan tambahan 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah Tol Cipali tetap lancar pada musim libur Natal dan tahun baru.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol Cikampek Utama pada Sabtu (23/12) atau H-2 Natal.

Baca juga: 53 ribu kendaraan tinggalkan Jakarta via Tol Japek pada H-2 Natal 2023
Baca juga: Jasa Marga operasikan jalur fungsional tol Jakarta-Cikampek II Selatan
Baca juga: Menko PMK: Rekayasa lalu lintas "contraflow" sudah tepat

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023