Dari kota Surabaya akan dilakukan perjalanan mudik sebanyak 119 penerbangan...
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 11 kota tujuan penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta diperkirakan mengalami lonjakan jumlah penumpang saat masa mudik Lebaran 2013.

"Berbagai daerah tujuan mudik yang menggunakan jasa angkutan udara diperkirakan akan mengalami peningkatan dari Bandar Udara Soekarno-Hatta," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan dalam acara apel siaga mudik Lebaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Kamis.

Menurut Mangindaan, ke-11 kota tujuan yang akan mengalami lonjakan tersebut merupakan destinasi yang tersebar di beragam pulau di Tanah Air. Di Pulau Jawa, kota tujuan mudik yang akan melonjak dari Bandara Soekarno-Hatta adalah Surabaya, Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Sedangkan di Pulau Sumatera yaitu Medan, Padang, Palembang, dan Pekanbaru. Di Kalimantan yaitu Balikpapan, Di Sulawesi yaitu Makassar, dan di Bali yakni Denpasar.

Ia memaparkan, kota-kota tujuan mudik tersebut akan melayani sebanyak 700 penerbangan selama 14 hari.

"Dari kota Surabaya akan dilakukan perjalanan mudik sebanyak 119 penerbangan sebagai kota dengan penerbangan tersibuk, dan kota Denpasar sebagai kota kedua tersibuk akan terjadi 96 penerbangan," katanya.

Menhub juga mengatakan, dalam rangka mendukung angkutan udara lebaran tahun 2013 Bandar Udara Soekarno Hatta telah mempersiapkan fasilitas penerbangan guna melayani extraflight (penerbangan tambahan).

Ia mengungkapkan, terdapat 458 penerbangan tambahan selama 14 hari antara H-7 dan H+7 Lebaran. "Fasilitas pendukung parkir kendaraan yang disiapkan sebanyak 5.607 mobil dan 3.212 motor serta akan dilakukan penambahan kapasitas lahan parkir inap yang dapat menampung 500 kendaraan," katanya.

Apabila terjadi lonjakan permintaan,lanjutnya,parkir akan memanfaatkan lahan lapangan bola dapat menampung 400 kendaraan.

Ia menjelaskan, terdapat pula peningkatan kemampuan pelayanan Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani pesawat terbang dengan 2 pararel runway memiliki kapasitas sebanyak 52 pergerakan pesawat per jam. 

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013