Mereka mulai berkumpul sejak pukul 17.30 WIB, menanti "momen magis" air mancur yang akan meluncur di danau.
Jakarta (ANTARA) - Pertunjukan air mancur Tirta Cerita tentang dongeng dan legenda Nusantara di Danau Archipelago, memesona pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada puncak libur Natal 2023, Minggu malam.

Sekitar seribu pengunjung sangat antusiasme berkumpul di Danau Archipelago, TMII, Jakarta, untuk menyaksikan pertunjukan air mancur yang spektakuler. Mereka mulai berkumpul sejak pukul 17.30 WIB, menanti "momen magis" air mancur yang akan meluncur di danau.

Hingga pukul 18.22 WIB, air mancur Tirta Cerita belum menyembur, namun pengunjung tetap dengan penuh kesabaran menanti. Segala kalangan, dari dewasa hingga anak kecil, hadir untuk menyaksikan keindahan pertunjukan air mancur yang telah menjadi daya tarik utama.

Pengunjung sudah mempersiapkan telepon genggam mereka untuk mengabadikan momen indah ini. Sejumlah pengunjung terlihat terus mengarahkan kamera ponsel mereka ke danau, siap merekam keunikan dan kecantikan air mancur Tirta Cerita.

Sementara air mancur Tirta Cerita menampilkan cerita dongeng dan legenda Nusantara seperti Petualangan Si Kacil, Yuyu Kangkang dari cerita Ande-Ande Lumut, Roro Jongrong, Bang Putih dan Bawang Merah, Buto Ijo dan Timun Emas, Malin Kundang, hingga Keong Mas menjadi bagian dari daya tarik pertunjukan tersebut.

Pengunjung menunggu pertunjukan air mancur Tirta Cerita tentang dongeng dan legenda Nusantar di Danau Archipelago, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat puncak libur Natal 2023, Minggu (24/12/2023). ANTARA/Harianto/aa.
 
Pertunjukan air mancur Tirta Cerita di TMII berhasil menciptakan memesona pengunjung ketika menyembur tepat sekitar pukul 18.30 WIB. Para pengunjung langsung mengabadikan momen tersebut.

Baca juga: Pertunjukan kisah Ramayana dan tiga tarian NTT pukau pengunjung TMII
Baca juga: Kekayaan budaya nusantara TMII pikat pengunjung pada libur Natal


Petugas TMII yang berjaga di lokasi juga selalu mengingatkan kepada para pengunjung agar tetap hening selama pertunjukan dan dilarang merokok. Penampilan air mancur Tirta Cerita berakhir pukul 18.50 WIB.

Direktur Utama TMII, Claudia Ingkiriwang mengatakan pertunjukan Dancing Fountain Tirta Cerita, sebuah harmonisasi perpaduan multimedia show dengan water screen dan air mancur serta pencahayaan 300 drone, yang sebelumnya rutin ditampilkan setiap hari mulai pukul 18.30.

“Selama pekan Natal dan Tahun Baru ini pertunjukan Tirta Cerita akan ada penambahan jam tayang. Dancing Fountain Tirta Cerita ini merupakan the biggest fountain show in Jakarta dan the biggest fountain show with drone in South East Asia,” kata Claudia.

Dia mengebut pertunjukan Dancing Fountain telah dimulai sejak 20 Desember 2023 dan akan berlangsung hingga 2 Januari 2024.

Tirta Cerita, kata Claudia, tayang malam hari pukul 18.30 wib dan 20.30 WIB. Khusus malam tahun baru ditambah pada pukul 22.30 WIB.

“Show tambahan di siang hari Tirta Menari tanpa drone dan water screen, ditayangkan pada pukul 10.00 WIB, 13.00 WIB, dan 16.00 WIB dengan durasi masing-masing 15 menit,” kata Claudia.

Dia menambahkan, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan rekreasi lainnya di TMII, di antaranya ke taman burung, taman reptil, menaiki kereta gantung, atau piknik santai bersama keluarga dengan tersedianya banyak area terbuka hijau.

Baca juga: Puncak libur Natal, Taman Mini tambah bus listrik dan perluas parkir
Baca juga: Antrean kendaraan merayap di gerbang TMII saat puncak libur Natal 2023


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023