mengaktifkan alat pendeteksi suhu tubuh calon penumpang
Pangkalpinang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau calon penumpang pesawat untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19, guna mencegah lonjakan kasus COVID-19 selama liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kami mengimbau calon penumpang angkutan udara untuk menggunakan masker, jarak jarak, mencuci tangan menggunakan air bersih atau hand sanitizer," kata General Manajer PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir Pangkalpinang Mohammad Adiwiyatno di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan dalam mencegah penularan COVID-19 selama liburan Natal dan Tahun Baru 2024 ini baru bersifat imbauan dari Kantor Pusat Jakarta, sementara dari Kemenkes dan Kemenhub belum ada arahan dalam mencegah penularan COVID-19.

"Saat ini kami baru mendapatkan arahan dari kantor pusat, agar calon penumpang angkutan udara ini untuk kembali menerapkan prokes seperti di saat pandemi COVID-19 tahun lalu," katanya.

Baca juga: Sandiaga imbau masyarakat terapkan prokes pada momen akhir tahun
Baca juga: Disbudpar Sumsel minta pelaku usaha wisata terapkan prokes


Menurut dia saat ini kasus COVID-19 di Jakarta sudah kembali mengalami peningkatan, bahkan di Kota Pangkalpinang sudah terdapat beberapa kasus orang terpapar virus corona ini.

"Kami tidak hanya mengimbau calon penumpang angkutan udara untuk menerapkan prokes, tetapi juga mengaktifkan alat pendeteksi suhu tubuh calon penumpang," katanya.

Ia menyatakan jika ditemukan suhu tubuh calon penumpang di atas ketentuan atau terdeteksi terpapar virus corona, maka tim kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan segera menindaklanjutinya, agar tidak terjadi penularan virus corona tersebut.

"Kami telah membentuk posko keamanan dan kesehatan, guna memberikan kenyamanan dan keamanan kepada calon penumpang yang berlibur Natal dan Tahun Baru 2024 di daerah ini," katanya.

Baca juga: Menko PMK berpesan agar warga terapkan Prokes saat liburan Natal
Baca juga: KAI: Belum ada regulasi prokes dari Kemenhub untuk penumpang kereta
Baca juga: Orang bergejala flu perlu pakai masker guna cegah penularan COVID-19

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023