harus kritis mengawal pemimpin yang telah dipilih menuju cita-cita kemerdekaan
Jakarta (ANTARA) - Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo berpesan kepada umat Katolik agar tidak menyia-nyiakan suaranya dalam pemilihan umum (Pemilu) dan memilih calon pemimpin dengan hati nurani.

"Silakan memilih dengan cerdas menurut hati nurani. Nasehat dalam rangka kepedulian adalah seperti apapun atau siapapun yang akan terpilih dan diumumkan lembaga berwenang, kita harus menerima," kata Kardinal Suharyo di Gereja Katedral Jakarta, Senin.

Suharyo mengatakan sebagai makhluk Tuhan sudah semestinya memiliki kepedulian, baik itu terhadap sesama, lingkungan, dan tanggung jawab terhadap kehidupan bernegara.

Kepedulian terhadap kehidupan bernegara salah satunya tercermin dengan ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu.

Baca juga: Uskup Agung Jakarta soroti masalah stunting dalam misa Natal
Baca juga: Dalam pesan Natal, Paus sesali perang "sia-sia di Tanah Suci"


Kendati pilihan berbeda, kata dia, tak boleh sedikitpun mengorbankan persatuan dan persaudaraan. Masyarakat juga tidak boleh terpecah oleh isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Betapa kuatnya persatuan itu, ini yang harus kita jaga dalam kondisi apapun. Jangan pernah mengorbankan persatuan dan persaudaraan," kata dia.

Di samping itu, Kardinal juga meminta umat untuk turut mengawal jalannya pemerintahan setelah terpilih pemimpin baru kelak, demi mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

"Kalau kita menerima siapapun yang terpilih, lalu belum selesai sebagai WNI bertanggung jawab, harus kritis mengawal pemimpin yang telah dipilih menuju cita-cita kemerdekaan," kata dia.

Sebelumnya, Kardinal Suharyo menyoroti tingginya angka stunting, efek gas rumah kaca, hingga waste food (makanan terbuang) saat menyampaikan pesan Misa Natal 2023.

Kardinal mengatakan tugas menurunkan angka stunting, efek rumah kaca, dan makanan terbuang memang menjadi urusan pemerintah. Namun sebagai mahkluk Tuhan, manusia harus bersama-sama untuk bertindak nyata dalam menekan segala permasalahan tersebut.

Baca juga: Pesan Natal, Wapres ajak umat Nasrani doakan perdamaian dunia
Baca juga: Menko PMK: Natal momentum merayakan kebhinekaan dalam mosaik
Baca juga: Pesan Natal, Majelis Sinode GPIB ingatkan pengawasan pemilu 2024

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023