Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Hari Raya Natal tahun 2023 merupakan momentum untuk merayakan kebhinnekaan dalam bentuk mosaik.

"Kita negara bermajemuk, bhinneka, bhinneka dalam bentuk mosaik, bukan yang terpecah-pecah, dan lem perekatnya adalah persatuan dan kesatuan," katanya di Jakarta, Minggu, saat menghadiri ibadah malam Natal di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel.

Ia menyatakan bahwa sila pertama dalam Pancasila, Ketuhanan yang Maha Esa, adalah roh dan semangat yang harus terus dipedomani bersama.

"Sila pertama bisa menjadi roh dan spirit cita-cita bangsa lainnya. Kita perlu membawa Indonesia dengan segala semangat persatuan dan kesatuan," katanya.

"Esensi persatuan adalah kasih sayang. Untuk itu, kita perlu memperkuat dan mempertebal kasih sayang kita semua," ia menambahkan.

Sementara itu, Kepala Polri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa kepolisian telah mengerahkan petugas untuk mengamankan pelaksanaan ibadah Natal di gereja-gereja.

"Semuanya berjalan lancar sesuai dengan rencana pelaksanaan ibadah Misa Natal yang dilaksanakan di tempat masing-masing. Tentunya, kita ingin ini terus bisa bertahan sehingga seluruh rangkaian ibadah Natal dapat berjalan dengan lancar," kata Listyo, yang menghadiri kegiatan ibadah Natal di GPIB Immanuel pada Minggu sore.

Ia menyampaikan bahwa upaya pengamanan hingga hari ini dilakukan pada 55.095 kegiatan ibadah Natal di 39.495 gereja di seluruh Indonesia.

"Kita juga bekerja sama dengan TNI, dengan teman-teman ormas keagamaan, ada dari Banser NU. Ini menunjukkan bahwa toleransi keberagaman di Indonesia sangat luar biasa," katanya.

Adapun ibadah malam Natal di Gereja Immanuel dilaksanakan secara hibrida pada Minggu pukul 18.00 WIB, dipimpin oleh Pendeta Abraham Ruben Persang.

​​​​​​Jemaat memenuhi bagian dalam gereja sejak pukul 17.00 WIB dan tenda di halaman gereja mulai penuh setelah rombongan pejabat yang terdiri atas Menko PMK, Kepala Polri, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninggalkan gereja sekitar pukul 17.40 WIB.

Baca juga:
Menteri Agama ajak umat Kristiani tebarkan nilai-nilai kebaikan
Wakil Presiden ajak umat Nasrani berdoa untuk perdamaian dunia

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023