masyarakat Kristiani sendiri harus menjadi ujung tombak menghadirkan damai sejahtera
Jakarta (ANTARA) - Damai dan sejahtera menjadi pesan Misa Natal yang dibacakan oleh Pendeta Andar Maitimoe di Gereja Tugu, terutama menyambut kegiatan Pemilihan Umum yang akan berlangsung pada awal tahun depan.

“Terutama masyarakat Kristiani sendiri harus menjadi ujung tombak menghadirkan damai sejahtera, pancingan-pancingan untuk membuat hati tidak damai pasti ada. Nah tapi orang-orang itu harus bisa tabah menghadapinya,” ucapnya usai memimpin Misa Natal pukul 10.00 WIB di Gereja Tugu, Jakarta Utara, Senin.

“Perbedaan ada dan selalu terjadi perbedaan. Tetapi semua seharusnya tetap dalam koridor menghadirkan damai sejahtera. Damai tapi juga harus sejahtera, jangan sampai damai tapi tidak sejahtera,” tambahnya.

Dalam Misa Natal tersebut, Pendeta Andar mengutip kisah dari Injil Matius pasal 2 ayat 1 dan 2, yang menceritakan mengenai orang-orang Majusi yang dapat melihat tanda-tanda melalui perbintangan. Dari kitab suci tersebut, ia mengaitkan dengan harapan masyarakat Kristiani agar damai dan sejahtera dapat terwujud di dunia, sebagaimana yang telah terjadi seperti di langit.

Baca juga: Presiden ucapkan selamat Natal bagi umat Kristiani doakan kedamaian
Baca juga: Pesan Natal, Wapres ajak umat Nasrani doakan perdamaian dunia


Pendeta Andar juga berharap umat Kristiani agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum 2024, untuk memilih pemimpin dan wakil di lembaga legislatif.

“Saya sangat terkesan oleh teman-teman di MUI, yang mengatakan fatwa mengharamkan golput (Golongan Putih). Kami sih tidak sampai seekstrem itu, tapi kami berharap bahwa sebagai warga masyarakat juga harus ikut bertanggung jawab untuk melancarkan dan mensukseskan pesta demokrasi ini dalam hal keterlibatan,” tutur pria berdarah Maluku tersebut.

Gereja tua yang telah masuk dalam daftar Benda Cagar Budaya (BCB) di Kampung Tugu, Kelurahan Semper, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, melaksanakan dua sesi ibadah Natal pada Senin. Sesi pertama dilakukan pada pukul 07.00 WIB, sedangkan sesi kedua dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Kapolri: Natal momentum pengingat kasih Tuhan untuk Bangsa Indonesia
Baca juga: Uskup Agung Jakarta berpesan pilih pemimpin dengan hati nurani
Baca juga: Jonan: Mengatasi kesenjangan sosial jadi tanggung jawab bersama


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023