Ada lebih dari 60 ekor burung berkicau, puluhan spesies gurun, satwa Afrika zebra, unta punuk dua, dan ada dua ekor harimau benggala yang nanti jumlahnya bisa kami tingkatkan
Solo (ANTARA) - Objek wisata Solo Safari menghadirkan berbagai satwa khas Afrika pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

General Manager Solo Safari Shinta Adithya di Solo, Jawa Tengah, Senin mengatakan saat ini ada lebih dari 400 ekor satwa yang ada di objek wisata tersebut dengan lebih dari 100 spesies satwa.

"Ada lebih dari 60 ekor burung berkicau, puluhan spesies gurun, satwa Afrika zebra, unta punuk dua, dan ada dua ekor harimau benggala yang nanti jumlahnya bisa kami tingkatkan," katanya.

Ia mengatakan seluruh satwa ini sudah tiba ke Solo Safari. Meski demikian, untuk kawasan aviari dan harimau baru akan dibuka untuk publik pada tanggal 28 Desember 2023.

"Kalau untuk aviari kami sudah finishing, burung sudah disiapkan. Sedangkan harimau ada fase adaptasi," katanya.

Sementara itu, angka kunjungan di Solo Safari selama libur Natal dan Tahun Baru kali ini meningkat hingga 3-5 kali lipat dibandingkan hari normal.

"Kemarin itu luar biasa, hari ini lebih ramai lagi. Kalau hari biasa sekitar 2.000 pengunjung, kemarin kami close di angka 6.000 pengunjung, hari ini jam segini sudah mencapai 5.000 pengunjung," katanya.

Ia memperkirakan hingga jam tutup nanti angka kunjungan bisa mencapai 8.000 orang. Sedangkan ke depan hingga libur tahun baru diperkirakan angka kunjungan rata-rata setiap harinya bisa mencapai 10.000 orang/hari.

"Rata-rata keluarga, ada rombongan keluarga, grup. Yang datang banyak juga yang pakai bus," katanya.

Ia mengatakan spot yang banyak disukai oleh para pengunjung di antaranya memberikan makan satwa, Savannah Zip Land, floating resto atau resto apung.

"Resto Makunde masih jadi favorit. Bahkan sampai waiting list," katanya.

Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung pihaknya menambah titik penjualan makanan dan minuman di dalam Solo Safari dan penambahan kursi.

"Untuk parkir kami kerja sama dengan UNS. Parkir mobil dan bus," katanya.

Baca juga: Solo Safari diprediksi dipadati ribuan orang pada libur akhir tahun

Baca juga: Taman Safari Solo rencanakan bangun Museum Gesang pada 2024

Baca juga: Solo Safari persilakan areanya digunakan untuk foto pranikah

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023