Kukar sudah berhasil menjadi lumbung pangan bagi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hingga kini
Tenggarong, Kaltim (ANTARA) - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, menyerahkan bantuan ratusan mesin dan peralatan pertanian untuk petani di Kecamatan Loa Kulu, demi mewujudkan lumbung pangan bukan hanya bagi provinsi itu tapi juga bagi penduduk Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kukar sudah berhasil menjadi lumbung pangan bagi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hingga kini, sedangkan tantangan ke depan adalah harus bisa menjadi lumbung pangan di IKN," kata Bupati Kukar Edi Damansyah di Tenggarong, Kaltim, Senin.

Ratusan mesin dan peralatan yang diserahkan seperti 10 alat tanam jagung, 1 unit combine harvest, 7 unit cultivator untuk Gapoktan Tunas Karya Sumber Sari, Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Asri di Desa Ponoragan, Poktan Karya Bersama Desa Margahayu, Jaya Nusantara Jonggon Jaya Dua, Armed Makmur Desa Jembayan, dan Rawa Manili Jembayan Dalam.

Kemuduan 1 unit excavator mini untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Lestari Jembayan., 1 buah green house untuk Poktan Sumber Rejeki di Loa Kulu.

Berikutnya, 479 unit handsprayer dengan rincian untuk Gapoktan Sumber Makmur di Desa Sungai Payang (125 unit), Gapoktan Sumber Rukun Ponoragan (111), Poktan Laut Isau Long Anai (60), Gapoktan Mulya Abadi Desa Sumber Sari ( 110 ), KWT Lestari Desa Rempanga (26), KWT Jahe Putih Desa Sepakat (23), KWT Kembang Jaong Desa Sepakat (24 unit).

Selanjutnya penerima hand traktor glebek Kecamatan Loa Kulu sebanyak 4 unit, masing-masing unit untuk Gapoktan Rukun Makmur Jembayan Dalam, Poktan Jaya Makmur Jembayan Dalam, Poktan Bina Rahayu Desa Jembayan, dan Poktan Subur Rejeki Desa Sumber Sari.

Ada pula bantuan untuk sejumlah kelompok tani seperti 3 unit hand traktor rotari, 1 traktor roda empat, 5 unit mesin potong rumput, 36 ribu kg pupuk NPK untuk 6 kelompok, 200 batang bibit kelengkeng, 400 bibit mangga, 250 bibit jambu air.

Kemudian 1 unit pompa air ukuran 4,3, sebanyak 200 liter pupuk cair hayati, 3.750 liter pupuk organik teknologi Nano, 64.600 liter pupuk urea, 6.500 turus ulin, 266 lembar terpal, 4 buah transplanter untuk 2 kelompok tani yaitu Poktan Pulosari, dan Sumber Rejeki.

Penyerahan dilakukan oleh bupati langsung kepada penerima di Loa Kulu pada Minggu (24/12) didampingi sejumlah pejabat setempat antara lain Kadis Pertanian dan Peternakan Muhammad Taufik, Kadis Perikanan dan Kelautan Muslik, Camat Loa Kulu, dan para kepala desa di Loa Kulu.

"Pemanfaatan peralatan ini hendaknya diatur dengan kelompok lain yang belum mendapatkan bantuan. Semua harus bersatu, saling membantu, saling memberi manfaat bagi para petani dalam meningkatkan hasil produksi," kata bupati.

Baca juga: Pemkab Kutai Kartanegara alokasikan hutan lindung ratusan ribu hektare
Baca juga: Wabub Kukar ajak masyarakat pertahankan lumbung pangan bagi Kaltim

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023