Tenggarong, Kaltim (ANTARA) - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Edi Damansyah mengatakan, Program Kredit Kukar Idaman dengan bunga 0 persen untuk petani, demi untuk mmempercepat mendongkrak produksi dan produktivitas pertanian dalam arti luas.

"Silahkan ajukan ke bank daerah, yakni Bank Kaltimtara dengan platform Rp50 juta dan dengan bunga 0 persen. Kredit ini merupakan bentuk dukungan Pemkab Kukar untuk memajukan pembangunan bidang pertanian," ujar Edi Damansyah di Tenggarong, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa.

Program Kredit Kukar Idaman tersebut diperuntukkan bagi petani, pekebun, nelayan, pembudidaya rumput laut, hingga ikan dengan persyaratan yang sangat mudah melalui Bank Kaltimtara.

Kredit ini menjamin semua kelompok tani dan memang diperuntukkan untuk akses permodalan, namun memang harus sesuai dengan analisa oleh tim penyelia di lapangan agar perbankan memiliki dasar ketika akan menyalurkan modal, karena uang yang disalurkan harus dipertanggungjawabkan.

Kredit Kukar Idaman, lanjutnya, merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Kukar dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat mengakses permodalan, yakni akses yang lebih mudah ketimbang perbankan lainnya.

Sedangkan untuk jangka waktu kredit maksimal sampai 36 bulan dengan skema pembayaran bisa diangsur setiap kali panen, atau setiap kali produksi secara periodik sesuai batas waktu akhir pengembalian.

Program ini telah dilakukan kajian seksama demi untuk mempermudah petani di semua subsektor untuk meningkatkan produksi bahan pangan, karena Pemkab Kukar ingin mewujudkan daerah sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur, sehingga nasabah hanya diminta mengembalikan pokok pinjaman.

"Untuk itu, mulai hari ini, hentikan meminjam modal usaha ke rentenir karena bunganya memberatkan. Pemkab sudah fasilitasi untuk modal usaha melalui Bank Kaltimtara, manfaatkan ini secara baik dan bijak demi peningkatan produksi dan produktivitas pertanian dalam arti luas," katanya.


Baca juga: Pemuda Kukar raih juara pemuda pelopor nasional kategori pangan

Baca juga: Pemkab Kukar bantu 2.785 perlengkapan perikanan untuk nelayan

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023