Kuta, Bali (ANTARA) - PT Bank CIMB Niaga Tbk mengambil ancang-ancang dalam menantikan peluang penurunan suku bunga acuan (BI Rate) guna menggenjot pembiayaan di sektor kredit pemilikan rumah (KPR).

“Kami dari perbankan berharap BI rate akan mulai turun paling tidak pada semester kedua tahun ini,” kata Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Jumat.

Ia menjelaskan terbukanya penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) itu memberi peluang penurunan biaya dana atau cost of fund.

Selama ini, bank merogoh biaya dana di antaranya untuk imbal hasil dana pihak ketiga (DPK) misalnya simpanan berupa tabungan dan deposito. Apabila biaya dana menurun, lanjut dia, bunga KPR juga ikut menyesuaian.

Berdasarkan data laman resmi CIMB Niaga, suku bunga dasar kredit (SBDK) periode 29 Februari hingga 30 Maret 2024, SBDK untuk kredit konsumsi KPR mencapai 7,55 persen per tahun.

Namun, suku bunga yang dikenakan kepada debitur belum tentu sama dengan SBDK tersebut karena suku bunga dasar itu belum memperhitungkan komponen estimasi premi risiko debitur yang tergantung penilaian bank.

Ada pun dari sisi kinerja realisasi kredit di bank dengan kode di lantai bursa BNGA itu pada 2023 mencapai Rp213,4 triliun atau naik 8,5 persen yang bersumber dari pertumbuhan kredit korporasi, kemudian UMKM dan kredit konsumsi.

Sedangkan DPK selama 2023 mencapai Rp235,9 triliun atau naik 3,8 persen dibandingkan 2022 yang didominasi dana murah (simpanan) mencapai hampir 64 persen.

“Saya yakin secara keseluruhan 2024 harusnya suku bunga mulai bisa menurun,” imbuhnya.

Ia memproyeksi apabila terjadi penurunan suku bunga acuan yang diikuti penyesuaian bunga simpanan dan kredit, terjadi perbaikan untuk margin bunga bersih (net interest margin/NIM).

Pasalnya, kata dia, perbankan dalam dua hingga tiga tahun terakhir NIM mengalami kontraksi.

“Biaya DPK itu mahal, deposito bunga tinggi tapi pinjam (kredit) bunga maunya rendah,” katanya.

Ia memperkirakan bank sentral itu akan menurunkan hingga total 100 basis poin dan diproyeksi bertahap dilakukan mulai Juni hingga akhir tahun 2024.

Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 20-21 Februari 2024 menetapkan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI Rate tetap sebesar enam persen.

Meski begitu, Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan masih bisa terjadi dengan memperhatikan sejumlah indikator di antaranya inflasi terkendali, rupiah menguat hingga pertumbuhan ekonomi yang baik.

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024