Jakarta (ANTARA) - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) membukukan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) senilai Rp6,3 triliun pada kuartal III-2023, atau meningkat 25,8 persen year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu.

“Hal ini juga didukung oleh pendapatan operasional dan pengendalian biaya yang dikelola dengan baik, sehingga kami dapat mempertahankan double-digit return on equity (ROE) sebesar 15,4 persen pada kuartal III-2023, naik dari 12,9 persen pada kuartal III-2022,” ujar Direktur Strategy, Finance & SPAPM CIMB Niaga Lee Kai Kwong dalam Public Expose di Jakarta, Jumat.

Lee melanjutkan, gross non-performing loan atau NPL perseroan juga membaik menjadi 2,4 persen pada kuartal III-2023, dari 3,6 persen pada kuartal III-2022.

“Di tengah kondisi yang terus berubah cepat, kami senantiasa memberikan profitabilitas dan imbal hasil modal yang menarik bagi para pemegang saham, sekaligus terus memperkuat rasio permodalan dan likuiditas,” ujar Lee.

Lebih lanjut, capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) perseroan masing-masing tercatat sebesar 23,8 persen dan 86,4 persen per September 2023, yang mencerminkan posisi permodalan yang terjaga dan likuiditas yang solid.

Sementara itu, total aset konsolidasian tercatat sebesar Rp329,1 triliun per 30 September 2023, atau naik 7,2 persen (yoy) dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Kemudian, total Dana Pihak Ketiga (DPK) senilai Rp235,3 triliun, dengan rasio current account and savings account (CASA) sebesar 66,7 persen.

"CASA tumbuh 4,5 persen (yoy), sebagai hasil upaya perseroan membangun hubungan yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital," ujar Lee.

Pada kuartal III-2023, total pembiayaan perseroan naik 5,2 persen (yoy) menjadi Rp205,6 triliun, dengan pertumbuhan tertinggi dari bisnis Small Medium Enterprise (SME) yang naik 8,1 persen (yoy), diikuti Corporate Banking naik 6,0 persen (yoy), dan Consumer Banking naik 5,9 persen (yoy).

“Pertumbuhan kredit retail dikontribusikan dari Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang naik 11,5 persen (yoy), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang naik 2,7 persen (yoy),” jelas Lee.

Lee menjelaskan, perseroan mengembangkan berbagai produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang, dimana per 30 September 2023, 97 persen dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (ATM) dan OCTO Pay (mobile wallet).

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023