Jakarta (ANTARA) - PT Bank CIMB Niaga Tbk menggali potensi Unit Usaha Syariah (UUS) atau CIMB Niaga Syariah melalui penerbitan kartu kredit digital syariah bernama OCTO Card Syariah.

Kartu kredit digital tersebut terintegrasi dengan aplikasi digital OCTO Mobile guna merespons kebutuhan gaya hidup masyarakat yang menginginkan transaksi praktis, aman, dan ramah lingkungan, termasuk melalui produk digital.

“Kami ingin membuktikan produk syariah tidak kalah dengan konvensional. Kami juga melihat tren di pasar seperti apa, termasuk profil nasabah. Kebanyakan nasabah kami anak muda yang menginginkan sesuatu yang sera praktis dan cepat, yaitu lewat digital,” kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara saat peluncuran OCTO Card Syariah di Jakarta, Kamis.

Pandji menjelaskan nasabah kartu pembiayaan CIMB Niaga Syariah fisik tercatat sebanyak 650 ribu pengguna, jauh lebih kecil dari nasabah kartu kredit konvensional sekitar 5 juta pengguna.

Namun, bila setengah dari pengguna kartu kredit konvensional juga memiliki produk syariah, maka akan terjadi pertumbuhan dua hingga tiga kali lipat lewat program bundling.

“Jadi, bisa tumbuh dengan cepat. Kartu syariah kami sudah tumbuh 30 persen year-on-year (yoy). Angkanya tinggi, tapi sebetulnya bisa tumbuh sampai 300 persen. Jadi, selalu ada sisi positif dari angka kecil (jumlah nasabah kartu kredit syariah),” ujar Pandji.

Perancangan kartu kredit digital OCTO Card Syariah turut menggandeng PT Mastercard Indonesia (Mastercard). CIMB Niaga Syariah juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai bank pertama di industri perbankan syariah yang meluncurkan produk kartu syariah digital (tanpa kartu fisik).

Nasabah dapat melakukan beragam transaksi baik di mitra daring maupun luring. Nasabah juga bisa menikmati bebas ijarah fee atau iuran tahunan, reward Poin Xtra untuk setiap transaksi ritel, dan cashback 10 persen untuk transaksi melalui OCTO Mobile dan belanja daring (kecuali hotel, airlines, serta tour & travel).

Nasabah juga bisa mengubah transaksi ritel senilai minimal Rp300 ribu menjadi cicilan 0 persen untuk tenor 3 bulan melalui OCTO Mobile.


Baca juga: CIMB Niaga Finance terima pendanaan sindikasi syariah Rp700 miliar
Baca juga: Dompet Dhuafa gandeng CIMB Niaga Syariah


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023