Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bersama CIMB Niaga menggelar seminar literasi dan inklusi keuangan serta menghadirkan Digital Lounge CIMB Niaga yang berfungsi sebagai pelayanan perbankan berbasis digital.

Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa di Makassar, Sabtu, mengatakan pembukaan digital lounge akan banyak membantu sivitas akademika Unhas sekaligus menggalakkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

"Hadirnya Digital Lounge CIMB Niaga diharapkan mampu bekerja sama untuk mendorong kewirausahaan bagi mahasiswa yang berbisnis," ujarnya.

Seminar yang dihadiri sekitar 1.000 mahasiswa itu berlangsung seru karena dibanjiri hadiah menarik bernilai jutaan rupiah.

Baca juga: Unhas dan Kemenhub kerja sama peningkatan SDM transportasi

Mahasiswa FEB Unhas Fuja Tiara Arya mengatakan senang dengan kegiatan literasi dan inklusi keuangan tersebut. Menurut dia, mahasiswa banyak belajar tentang investasi dari pakar dan mulai belajar manfaat frugal living, gaya hidup yang berfokus pada pengeluaran hemat dan bijaksana.

Sementara itu, Head of Region Indonesia Timur dan Bali Nusra CIMB Niaga Ahmad S Ilham mengatakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan yang digelar bersama dengan Unhas Makassar itu untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada mahasiswa terkait literasi dan inklusi keuangan pada era modern ini.

Ia menyebutkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa Provinsi Sulsel masih rendah dalam hal indeks literasi keuangan dengan hanya mengumpulkan angka sebesar 36,4 persen.

Baca juga: Unhas dan KKP dorong ketahanan pangan sektor kelautan dan perikanan

"Data dari OJK untuk literasi keuangan di Sulsel itu masih rendah sekitar 36,4 persen. Sementara target secara nasional adalah 50 persen dan ini adalah salah upaya kita untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan itu," katanya.

Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 OJK Regional 6 Sulampua Steven Parinussa mengatakan bahwa OJK mengapresiasi kegiatan tersebut dan mengharapkan peran aktif perguruan tinggi berkontribusi dalam peningkatan literasi keuangan di Sulsel.

Dalam kegiatan itu, juga dirangkaikan dengan peluncuran Digital Lounge CIMB Niaga yang akan berfungsi sebagai pelayanan perbankan berbasis digital.

Baca juga: Unhas dan YAD kerja sama penelitian arkeologi dan pelestarian situs

"Lounge ini dapat dimanfaatkan masyarakat kampus untuk melakukan transaksi perbankan, dan memanfaatkan co-working space yang ada. Kegiatan ini merupakan rangkaian inisiasi yang telah dilakukan oleh Direktorat Pengembangan Usaha dan Pemanfaatan Aset dengan CIMB Niaga, seperti penggunaan QRIS bagi transaksi di kantin-kantin kampus, penyediaan space Digital Lounge, co-wokring space, vending machine, taman hijau kampus, dan dukungan layanan keuangan di lingkup Universitas Hasanuddin," ucap Ahmad S Ilham.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024