Jakarta (ANTARA) - PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) akan meluncurkan fasilitas paylater atau layanan untuk menunda pembayaran di aplikasi OCTO Mobile pada April 2024 mendatang.

“Memang kita akan ada, nanti bisa juga nasabah-nasabah kami bisa mengkonversi pembeliannya melalui kita punya OCTO Mobile. Harapannya April, nanti tunggu ya,” kata Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi usai gelar wicara Kejar Mimpi CIMB Niaga, di Jakarta, Rabu.

Menurut Noviady, hanya nasabah terpilih saja yang nantinya dapat menikmati layanan buy now pay later atau BNPL itu.

“Persiapannya udah, lagi jalan. Pasti (nasabah pilihan) tidak semua nasabah. Kami pasti akan dengan existing customers (nasabah) kami. Kami banyak sekali data, kita pingin loan responsibly (pinjaman secara bertanggung jawab),” ujar Noviandy.

Ia menyampaikan, layanan paylater yang nantinya akan diberikan kepada para nasabah CIMB Niaga itu diharapkan bisa menawarkan pinjaman dengan bunga yang lebih rendah dari yang ditawarkan oleh fintech.

“Jadi diharapkan dengan begitu bisa memberikan suku bunga yang lebih baik daripada fintech tentunya. Sejalan dengan itu juga sangat mudah diakses melalui mobile,” kata Noviandy.

Sebelumnya, CIMB Niaga telah memiliki layanan paylater atau layanan BNPL yang tersedia melalui kartu kredit yang dimiliki oleh nasabah.

PT Bank CIMB Niaga Tbk juga menggali potensi Unit Usaha Syariah (UUS) atau CIMB Niaga Syariah melalui penerbitan kartu kredit digital syariah bernama OCTO Card Syariah.

Kartu kredit digital tersebut terintegrasi dengan aplikasi digital OCTO Mobile guna merespons kebutuhan gaya hidup masyarakat yang menginginkan transaksi praktis, aman, dan ramah lingkungan, termasuk melalui produk digital.

Nasabah kartu pembiayaan CIMB Niaga Syariah fisik tercatat sebanyak 650 ribu pengguna, jauh lebih kecil dari nasabah kartu kredit konvensional sekitar 5 juta pengguna.

Baca juga: Survei Populix: 63 persen milenial gunakan "paylater"Baca juga: Survei Populix: 63 persen milenial gunakan "paylater"
Baca juga: Bank Mandiri akan buka layanan "PayLater" di akhir tahun 2023
Baca juga: Menahan diri dari godaan utang


Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023