Tenggarong, Kaltim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), Kalimantan Timur,  membantu sebanyak 2.785 perlengkapan perikanan untuk nelayan di Kecamatan Tenggarong, baik berupa perahu, mesin ketinting, jaring, kawat tempiral, dan sejumlah peralatan lain.

Rincian perlengkapan yang telah diserahkan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Tenggarong tersebut adalah mesin ketinting sebanyak 90 unit, 20 perahu, 150 jaring patin, 130 bubu, 330 alat tangkap kawat tempiral, 2.000 alat tangkap pantau, dan 65 set alat tangkap bentang.

"Bantuan tersebut kami serahkan dua hari lalu (Sabtu, 7/10) langsung ke kelompok nelayan. Bantuan ini merupakan salah satu dari kegiatan Program Kukar Idaman (Inovatif, Daya Saing dan Mandiri)," kata Bupati Kukar Edi Damansyah di Tenggarong, Senin.

Program Kukar Idaman, lanjutnya, sudah lama ada dan akan terus berjalan, antara lain dengan pemberian bantuan kepada kelompok nelayan menjadi program prioritas, karena hal itu merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang dicita-citakan agar Kabupaten Kukar menjadi lumbung pangan di Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan itu, bupati mengingatkan kepada camat dan lurah yang tugasnya melayani masyarakat, harus sering mengunjungi dan mengecek langsung keberadaan para kelompok nelayan di wilayah kerjanya.

"Seperti Pemkab Kukar bersama instansi terkait yang selalu turun ke lapangan untuk melihat kondisi langsung masyarakat, antara lain untuk memastikan bantuan yang diberikan benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh penerima," katanya.

Sedangkan bagi para kelompok nelayan, ia berpesan hendaknya bisa menjaga dan memanfaatkan bantuan seperti perahu dan mesin ketinting juga dengan sarana dan prasarana lainnya untuk digunakan meningkatkan produksi.

Aktivitas profesi sebagai nelayan, lanjutnya, menjadi tulang punggung ekonomi keluarga, untuk itu, Pemkab Kukar akan terus berupaya maksimal dalam memberikan pembinaan dan bantuan bagi masyarakat nelayan.

Nelayan yang mendapat bantuan tersebut adalah Kelompok Usaha Bersama (KUB) Loa Tebu Jaya mendapat 10 perahu dan mesin ketinting, KUB LTB Jaya Bersinar mendapat 7 unit perahu,10 unit mesin dan 150 jaring patin.

KUB Bersatu Jaya dibantu 10 mesin ketinting, KUB Sukses Jaya 10 unit mesin ketinting dan 130 buah alat tangkap bubu labuh, KUB Mahakam dibantu 10 mesin ketinting.

Untuk nelayan di Kelurahan Mangkurawang seperti KUB Nelayan Gunung Benteng mendapat 10 unit perahu dan mesin ketinting beserta alat tangkap 330 rol kawat tempirai.

Kemudian KUB Berkat Jaya mendapat 10 unit mesin ketinting dan 65 set alat tangkap rawai bentan, KUB Perjiwa Jaya 10 dapat unit ketinting, KUB Mahakam Jaya Bersinar dibantu 10 mesin ketinting dan 2.000 unit alat tangkap pantau.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023