Petani, peternak, pekebun, nelayan, dan pembudidaya ikan yang telah mendapat modal tahun ini tentu sudah merasakan manfaatnya,....
Tenggarong, Kaltim (ANTARA) - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur,  Edi Damansyah mengajak para petani setempat melawan rentenir dengan cara tidak meminjam kepada mereka, karena pemerintah kabupaten setempat telah menyiapkan modal usaha sejak tahun ini hingga 2024.

"Petani, peternak, pekebun, nelayan, dan pembudidaya ikan yang telah mendapat modal tahun ini tentu sudah merasakan manfaatnya, sehingga tahun depan pun modal usaha ini tetap berlanjut,” kata Bupati Kukar Edi Damansyah di Tenggarong, Selasa.

Untuk akses permodalan, katanya, tahun 2024 juga masih ada pemberian kredit kepada para petani dan nelayan, sehingga mereka yang memerlukan tambahan usaha atau modal tanpa bunga, bisa mengajukan melalui Bank Kaltimtara sebesar Rp50 juta.

"Jangan pinjam ke rentenir, semua harus semangat melawan rentenir, karena sudah disiapkan Kredit Kukar Idaman dengan persyaratan yang sangat mudah yang diakses melalui Bank Kaltimtara,” katanya.

Baca juga: Anggota DPRD Depok dukung bantuan permodalan perkuat UMKM 

Kredit Kukar Idaman merupakan komitmen Pemkab Kukar dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat mengakses permodalan dengan bunga nol persen, yakni bagi petani, nelayan, pembudidaya ikan, termasuk kelompok tani hutan melalui pertanian hutan sosial.

"Jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan, skema pembayarannya pun diangsur setiap kali panen atau setiap kali produksi secara periodik, sesuai batas waktu akhir pengembalian,” katanya.

Hal ini dilakukan karena Pemkab Kukar ingin mewujudkan kabupaten ini sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim), sedangkan saat ini hasil padi Kaltim berasal dari Kukar mencapai 47 persen.

Baca juga: Pemkot edukasi pemanfaatan permodalan UMK berkualitas di Bitung

Sehari sebelumnya, saat memberikan bantuan mesin dan perlengkapan pertanian di Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu yang berlangsung di Halaman Kantor Desa Jembayan, Bupati juga mengatakan hal yang sama.

"Selain padi, produksi ikan, sayur dan hasil pertanian dalam arti luas lainnya juga lebih banyaki dari Kukar. Untuk itu, ayo semangat dalam bekerja serta meningkatkan hasil produksi demi kesejahteraan petani,” katanya

Tampak hadir dalam penyerahan bantuan antara lain Kadis Pertanian dan Peternakan Kukar Muhammad Taufik , Kadis Perikanan dan Kelautan Muslik, Perwakilan Bank Kaltimtara, Camat Loa Kulu Adriansyah, dan Kades Jembayan Erwin.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023