Kereta api lebih aman, bebas macet, dan nyaman.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Okupansi penumpang kereta api (KA) saat libur natal pada 21-26 Desember 2023 di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur meningkat 11 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2022.

"Pada libur natal dari 21-26 Desember 2023, kami telah memberangkatkan sebanyak 59.085 penumpang dan jumlah itu meningkat 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 53.087 penumpang," kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro, di Jember, Selasa.

Menurutnya, rata-rata 9.848 penumpang berangkat dari wilayah Daop 9 Jember sepanjang Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi setiap harinya. Pada libur terakhir cuti bersama natal pada 26 Desember 2023 tercatat sebanyak 9.731 tiket telah terjual untuk keberangkatan hari ini dari Daop 9 Jember.

"Meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan kereta api pada musim libur natal kali ini tidak lepas dari bertambahnya perjalanan KA di Daop 9 Jember, jika pada tahun 2022 ada 18 perjalanan setiap hari, pada tahun ini menjadi 22 perjalanan KA dengan adanya KA Pandalungan dan KA Tambahan relasi Ketapang-Jember PP," katanya pula.

Volume penumpang tertinggi pada libur natal terjadi pada Sabtu (23/12) dengan jumlah sebanyak 10.158 penumpang menggunakan kereta api, baik KA jarak jauh maupun KA lokal di Daop 9 Jember.

KA Probowangi dari Ketapang tujuan Surabaya Gubeng menjadi kereta api paling favorit digunakan oleh masyarakat, selama 6 hari rata-rata yang menggunakan KA tersebut di Daop 9 Jember mencapai 1.167 penumpang.

"Sedangkan untuk kereta api kelas komersial, KA Pandalungan relasi Jember-Gambir dan KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap menjadi dua KA dengan okupansi penumpang mencapai 100 persen dari kapasitas yang tersedia," katanya lagi.

Untuk KA kelas komersial yang lain, seperti KA Ranggajati, KA Logawa, dan KA Blambangan Ekspres keberangkatan Daop 9 Jember, tiket yang terjual di atas 90 persen tiap harinya dari kapasitas yang disediakan.

Adapun relasi favorit pelanggan KA jarak jauh pada periode tersebut yaitu Banyuwangi-Yogyakarta, Banyuwangi-Surabaya, Jember- Jakarta, Banyuwangi-Malang dan lainnya.

"Tingginya antusiasme masyarakat terhadap transportasi kereta api pada libur natal bukannya tanpa alasan. Jika dibandingkan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya, kereta api lebih aman, bebas macet, dan nyaman," ujarnya pula.
Baca juga: KAI Jember catat 61.422 tiket kereta untuk libur natal sudah dipesan
Baca juga: Tiket sejumlah KA di Daop 9 Jember habis hingga Natal

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023