Jakarta (ANTARA) - Tim Hukum Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menggelar pelatihan bagi pelatih atau training of trainer (ToT) bagi relawan calon saksi Pemilu 2024 khususnya di Jakarta agar dapat meminimalkan kecurangan ketika pilpres.

"Kami menggelar ToT untuk relawan supaya tahu apa yang harus dilakukan," kata Ketua Umum Tim Hukum Timnas AMIN, Ari Yusuf Amir, di Jakarta, Selasa.
​​​​​​​
Pelatihan tersebut sudah dilakukan hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia supaya ketika masa pemungutan suara, para relawan yang menjadi saksi dapat bekerja sesuai arahan.

Ari menjelaskan bahwa para relawan tersebut diberi bekal bagaimana harus bertindak jika berada di tempat pemungutan suara (TPS), terutama saat penghitungan hasil pemungutan suara.

Relawan AMIN, kata Ari, harus siap dengan telepon genggam mereka untuk mengambil foto atau video sebagai bukti hasil pemungutan dan penghitungan suara, supaya ketika terjadi kecurangan bisa dijadikan sebagai alat bukti.

"Hampir semua kabupaten dan kota sudah dilaksanakan kegiatan ini. Kami bertugas mengawal suara di TPS sampai nanti supaya tidak ada permasalahan," tutur Ari.
​​​​​​​
Dia berharap pelaksanaan Pilpres 2024 dapat terlaksana dengan jujur dan adil. Sehingga, pihaknya juga mengantisipasi melalui kegiatan pelatihan kepada relawan calon saksi, agar tidak hanya mengatakan ada kecurangan tetapi tidak ada bukti.
​​​​​​​
"Kami dari Tim AMIN berharap dalam pemilu kali ini berlangsung jujur dan adil. Oleh karena itu, tim hukum hadir memastikan bahwa pilpres akan dilaksanakan dengan baik," kata Ari.
​​​​​​​
Sementara itu, Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi, meminta para relawan untuk datang dan mengawasi TPS pada hari pemungutan suara, dengan mengabadikan semua momen melalui telepon genggam masing-masing.
​​​​​​​
"Harus disaksikan pada saat pemungutan suara, datang berduyun-duyun ke TPS, pantau sampai selesai, jangan dilepas; paling tidak di lingkungan kita," kata Syaugi.
​​​​​​​
KPU RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
​​​​​​​
Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023