Besok (rapat evaluasi debat), insya Allah ya
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melakukan rapat evaluasi pelaksanaan debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Rabu (27/12).

"Besok (rapat evaluasi debat), insya Allah ya," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengungkapkan rapat evaluasi debat itu akan membahas berbagai hal yang mencakup aduan hingga catatan dari tim pasangan calon ataupun capres dan cawapres yang beradu gagasan.

"Itu nanti ada rapat evaluasi-nya. Apa saja yang jadi komplain, catatan masing-masing calon, pasangan calon, maupun tim pasangan calon nanti akan dibahas dalam rapat evaluasi," ujarnya.

Ia tak mungkiri bila ada pasangan calon lain yang mempersoalkan pertanyaan singkatan dalam rapat evaluasi.

Selain itu, Hasyim menambahkan rapat evaluasi juga membahas penggunaan mikrofon, kandidat tampil tidak di podium, serta peran moderator dalam debat, singkatan, hingga bahasa asing.

Baca juga: KPU: Pemilih dapat ajukan pindah TPS H-7 pencoblosan

Baca juga: KPU: Pemilih yang pindah TPS lintas daerah tidak bisa pilih caleg


"Iya pasti akan dievaluasi semua masing-masing, apakah mic-nya, apakah tampil tidak di podium, apakah peran moderator, singkatan-singkatan, bahasa asing, dan seterusnya nanti semua akan kita evaluasi," tutur Hasyim.

Untuk diketahui, istilah State of the Global Islamic Economy (SGIE) menjadi perbincangan publik dalam beberapa waktu terakhir, setelah muncul dalam debat calon wakil presiden yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (22/12).

Dalam debat yang berlangsung di Jakarta Convetion Center Senayan itu calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan istilah SGIE. Namun, tidak mendapat jawaban dari calon wakil presiden nomor urut 3 Muhaimin Iskandar.

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto ikut membela Cak Imin. Menurutnya, moderator debat seharusnya meminta Gibran selaku pihak yang bertanya untuk menjelaskan singkatan tersebut.

Hal ini bertujuan agar waktu yang diberikan saat debat tidak terbuang percuma. Selain itu, agar publik yang menyaksikan debat dapat memahami substansi pertanyaan ekonomi halal dunia tersebut.

Baca juga: Pengesahan RUU Ekonomi Syariah optimalkan SGIE yang disebut Gibran

Sementara itu, Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Ferry Latuhihin, menegaskan bahwa pertanyaan yang diajukan Gibran saat debat bukan pertanyaan jebakan.

Pertanyaan mengenai SGIE sejati-nya justru tepat ditanyakan kepada Cak Imin. Sebab, ia merupakan pimpinan partai PKB yang berideologi Islam.

KPU telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023