Jakarta (ANTARA) - Masa kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 memasuki hari ke-29, Selasa (26/12).

Ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD, melakukan kampanye di berbagai wilayah di Indonesia untuk menggaet suara rakyat.

KPU telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.


Anies-Muhaimin

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan melakukan kampanye, Selasa (26/12), di Kalimantan Barat.

Anies tiba di Bandara Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pukul 08.10 WIB, dan disambut dengan prosesi adat Potong Pantan atau potong tebu yang turut diramaikan oleh masyarakat sekitar.

Setelah itu, Anies bertolak ke Pasar Flamboyan, Kota Pontianak, untuk berinteraksi dan mendengar keluhan dari para pedagang di sana.

Usai kampanye di Pasar Flamboyan, Anies melanjutkan kunjungannya ke Kampung Kamboja, Tepian Sungai Kapuas, Kota Pontianak untuk meresmikan Kampung Anies.

Anies melanjutkan perjalanannya ke Wisma Keuskupan Agung Pontianak untuk bersilaturahmi pada momentum Hari Raya Natal 2023 bersama dengan uskup atau pemimpin gereja Katolik di Kalimantan Barat.

Setelah itu, Anies berdiskusi dengan masyarakat dari berbagai kalangan dengan tajuk "Desak Anies" untuk mendesak mantan gubernur DKI Jakarta itu untuk mewujudkan komitmennya jika terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024.

Sementara itu, calon wakil presiden Muhaimin Iskandar tidak melakukan kampanye pada hari ke-29 kampanye.


Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto melakukan kampanye pada hari ke-29 masa kampanye dengan bersilaturahim dan melakukan doa bersama dengan ulama dan tokoh masyarakat di Banda Aceh.

Kunjungan tersebut sekaligus untuk memperingati tragedi Tsunami Aceh yang terjadi 19 tahun lalu.

Dalam kampanye tersebut, Prabowo ditemani oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Setelah itu, Prabowo bertemu relawan pemenangannya di MZ Coffee, Banda Aceh, untuk meminta agar relawan dan simpatisan lebih solid dalam pemenangan pasangan calon nomor urut 2.

Sementara itu, calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka tidak melakukan agenda kampanye pada hari ke-29 kampanye dengan tetap berada di Kota Surakarta, Jawa Tengah.


Ganjar-Mahfud

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo melakukan kampanye pada hari ke-29 dengan berkunjung ke Pasar Jamu Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Setelah itu, Ganjar melanjutkan perjalanannya ke Sanggar Inklusi Tunas Bangsa dan dilanjut dengan mengunjungi Batik Kedung Gudel di Sukoharjo.

Ganjar melanjutkan kampanye dengan meluncurkan program "Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana" di Lapangan Desa Cangkol, Sukoharjo.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan program tersebut dibuat untuk memutus rantai kemiskinan, menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul, dan menghadirkan pendidikan berkualitas dan merata.

Setelah itu, Ganjar melanjutkan agenda kampanye dengan ngobrol santai bersama generasi Z dan milenial Kabupaten Sukoharjo.

Ganjar mengajak para pendukung pasangan calon Ganjar-Mahfud untuk mengawasi dugaan pelanggaran dan menekan kecurangan selama Pemilu 2024.

Sementara itu, cawapres Mahfud MD membatalkan agenda kampanye di Nusa Tenggara Barat karena kelelahan.

Pewarta: Fauzan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023