Ketika pasangan sejenis mengajukan permohonan visa, Kementerian Luar Negeri akan mempertimbangkan aplikasi itu dengan cara sama seperti halnya aplikasi untuk pasangan beda jenis,"
London (ANTARA News) - Amerika Serikat akan segera mempertimbangkan permohonan visa untuk pasangan gay dan lesbian dengan cara sama seperti halnya pasangan heteroseksual, kata Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada Jumat.

Kerry mengumumkan hal tersebut di Kedutaan Besar AS di London.

"Ketika pasangan sejenis mengajukan permohonan visa, Kementerian Luar Negeri akan mempertimbangkan aplikasi itu dengan cara sama seperti halnya aplikasi untuk pasangan beda jenis," kata Kerry sesaat setelah tiba di London.

"Jika anda pasangan warga AS, permohonan visa anda akan diperlakukan sama. Jika anda pasangan non-warga AS, permohonan visa anda juga akan diperlakukan sama. Jika anda berada di negara yang tidak mengakui pernikahan sesama jenis, permohonan visa anda pun masih akan diperlakukan sama di semua 222 pusat pemrosesan visa kami di seluruh dunia," katanya.

Langkah tersebut diambil setelah pemerintahan Obama mendesak semua institusi AS untuk mengkaji kembali kebijakan mereka setelah Mahkamah Agung AS pada Juni mencabut satu bagian kunci dari hukum federal yang menyatakan bahwa perkawinan adalah antara lelaki dan perempuan.

Bulan lalu, Kementerian Keamanan Dalam Negeri mengatakan Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan AS akan mulai mengkaji permohonan yang diajukan atas nama pasangan sesama jenis, dengan cara sama seperti halnya pasangan dalam pernikahan heteroseksual, demikian Reuters.

(S022/M014) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013