cek dulu peralatan listrik
Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memberikan tip aman kepada masyarakat saat meninggalkan rumahnya agar tidak korsleting listrik pada masa liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru 2024 .
 
"Salah satunya adalah setiap hendak meninggalkan rumah, sebaiknya cek dulu peralatan listrik, mulai dari stop kontak, kabel, hingga peralatan elektronik lainnya, pastikan semua dalam keadaan aman," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, lanjutnya, pertama, ketika cek sambungan listrik di rumah, maka jika ada peralatan elektronik yang tidak digunakan, sebaiknya cabut dari stop kontak.
 
Kedua, bagi pelanggan pascabayar, bayar listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20.

Sedangkan untuk pelanggan prabayar, isi token listrik secukupnya dan siapkan cadangan agar listrik tetap menyala, khususnya untuk penerangan dan peralatan elektronik yang dibutuhkan.

Baca juga: PLN targetkan tak ada pemadaman listrik saat Natal dan tahun baru

Ketiga, cek instalasi listrik dalam rumah sebelum bepergian, terutama jika sering terjadi korsleting listrik.

"Masyarakat dapat memeriksa instalasi listrik dengan bantuan instalatur resmi yang terdaftar atau gunakan menu ListriQu pada PLN Mobile yang dikelola oleh anak perusahaan PLN, untuk membantu masyarakat melakukan pengecekan instalasi listrik," kata Lasiran.

Keempat, apabila daya di rumah sudah tidak mencukupi, segera tambah daya secara resmi ke PLN.

Saat ini telah tersedia promo tambah daya Gelegar Akhir Tahun 2023. Pelanggan bisa tambah daya ke daya 5.500 VA hanya dengan membayar Rp271.023, melalui aplikasi PLN Mobile.

Kelima, informasikan kepada tetangga terdekat, Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) setempat sehingga dapat membantu memantau rumah yang kosong saat ditinggal berlibur.

Baca juga: Jelang liburan, PLN pastikan suplai listrik di Jakarta aman

Lasiran juga berpesan agar menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk semua urusan kelistrikan.

"Tidak usah khawatir, apabila sedang berpergian tetapi membutuhkan layanan kelistrikan misalnya untuk bayar listrik atau beli token, lapor pengaduan ataupun keluhan, semua bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile," katanya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023