Saya hakulyakin karena ketokohan Pak Mahfud, performa Pak Mahfud, relasi Pak Mahfud dengan Jatim sangat kuat sekali.
Klaten (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo tetap menghormati pilihan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa walau tidak memungkiri dukungan dari elite itu penting.

Ganjar mengatakan bahwa komunikasi intens terhadap basis suara rakyat di komunitas seperti kelompok agama, budayawan, dan anak-anak muda merupakan hal penting lain untuk dilakukan di Jawa Timur.

"Tidak dipungkiri kadang-kadang elite memang penting," kata Ganjar kepada wartawan di objek wisata Umbul Cokro Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Rabu.

Ganjar optimistis di Jawa Timur sama saja dengan di Jawa Tengah karena ketokohan Calon Wakil Presiden RI Muhammad Mahfud Md.

Jatim, menurut Ganjar, merupakan provinsi dengan potensi suara terbesar kedua bagi Ganjar-Mahfud setelah Jateng.

"Pak Mahfud 'kan dari sana, dan rasanya Pak Mahfud lebih banyak nanti berkeliling di Jatim. Saya hakulyakin karena ketokohan Pak Mahfud, performa Pak Mahfud, relasi Pak Mahfud dengan Jatim sangat kuat sekali," kata Ganjar.

Ganjar mengawali rangkaian kampanye pada hari Rabu dengan sarasehan bersama petani tembakau Asepan Gudang Tembakau Empatlima di Klaten.
 
Agenda kampanye Ganjar di Klaten selanjutnya ialah mengunjungi tempat wisata di Kecamatan Tulung, Klaten, untuk berdiskusi dengan para pelaku wisata dan badan usaha milik desa (BUMDes) setempat.
 
Pada Rabu siang, mantan Gubernur Jawa Tengah itu akan mengikuti sarasehan bersama milenial, generasi Z, pemengaruh media sosial, serta sukarelawan muda Klaten di Gedung Pertemuan Grha Bung Karno.
 
Rangkaian kampanye Ganjar di Klaten ditutup dengan konsolidasi internal tim pemenangan dan caleg parpol koalisi di Pendopo Tirtokusumo Grha Bung Karno.

Baca juga: Pakar nilai positif program internet gratis capres/cawapres
Baca juga: Pengamat: Debat pilpres akan tentukan arah pilihan "undecided voters"
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023