Yakin bisa karena sudah dihitung dengan baik oleh pakar-pakar yang selama ini juga banyak terlibat dan membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo
Jakarta (ANTARA) -
Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md yakin 21 program unggulan dari pasangan calon nomor urut 3 itu bisa direalisasikan karena dibuat berdasarkan kajian mendalam, termasuk soal pendanaan.
 
"Yakin bisa karena sudah dihitung dengan baik oleh pakar-pakar yang selama ini juga banyak terlibat dan membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo," kata Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Siti Rahmayanti Badjeber dalam keterangannya yang diterima di Jakarta pada Kamis.
 
Selain jelas bisa dikerjakan dalam jangka waktu satu periode pemerintahan Ganjar-Mahfud, menurut Rahmayanti, hasil kajian juga menunjukkan 21 program unggulan tersebut lebih bermanfaat dibandingkan program yang pasangan calon lain usung.
 
"Komparasi bahwa ini 21 program sekitar Rp500 triliun per tahun manfaatnya banyak dan menjangkau banyak orang, dibanding yang satu program Rp400 triliun per tahun dan jangkauannya terbatas," ujar dia.

Baca juga: TPN: Ganjar pastikan tidak ada UMKM gagal dapat KUR

Baca juga: TPN: Hilirisasi diperdalam, blusukan perkuat Ganjar adalah Jokowi 3.0
 
Sedangkan Jubir Muda TPN Manik Marganamahendra mengatakan 21 program unggulan pasangan nomor urut 3 itu merupakan bentuk kepedulian terhadap rakyat.
 
"Dengan biaya lebih sedikit dibandingkan program pasangan calon lain, program Ganjar-Mahfud lebih menjawab kebutuhan masyarakat," tambah Manik.
 
Masyarakat juga patut tahu bahwa pasangan Ganjar-Mahfud tidak melupakan pentingnya layanan kesehatan yang berkualitas. Merujuk pada daftar 21 program unggulan, Manik percaya masalah kesehatan akan selesai dari hulu ke hilir ketika Ganjar-Mahfud memimpin.
 
"Sehat dan sejahtera untuk Indonesia unggul jelas visi yang kita butuhkan untuk menjaga bonus demografi. Ganjar-Mahfud mampu melanjutkan sekaligus memperbaiki program pemerintah hari ini dan menaikkannya ke level yang lebih baik," tegas Manik.
 
Berikut adalah 21 program unggulan Ganjar-Mahfud:
 
1. 17 juta lapangan kerja
 
2. Satu desa, satu faskes, satu nakes
 
3. Uang saku kader posyandu
 
4. 10 juta hunian, punya rumah semudah punya motor
 
5. Sekolah dapat gaji, lulus pasti kerja
 
6. Satu keluarga miskin, satu sarjana
 
7. Perempuan maju
 
8. Buruh naik kelas
 
9. Kuliah gratis untuk anak prajurit dan Bhayangkara
 
10. Mudah berusaha termasuk UMKM dan koperasi
 
11. Masjid sejahtera, pengurus masjid terlindungi
 
12. Guru ngaji dan guru agama lain digaji
 
13. Pasokan pangan aman, harga enak di kantong
 
14. Lansia bahagia, anak cucu gembira
 
15. Petani bangga bertani
 
16. Di laut kita jaya, nelayan sejahtera
 
17. Disabilitas mandiri berprestasi, satu desa satu mobil akses
 
18. Internet super cepat, gratis merata
 
19. Bansos pasti lanjut tapi harus tepat sasaran
 
20. Sikat KKN
 
21. KTP Sakti.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023