Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu meninjau dan memastikan Posko Mudik Nasional di Lantai 7 Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, agar dapat bekerja optimal dalam mengawal keselamatan para pemudik.

Presiden Yudhoyono yang tiba di Posko sekitar pukul 11.30 WIB langsung mengencek kesiapan ruang kendali. Dalam ruang kendali terdapat layar utama berisi 20 layar televisi dan layar lebih kecil di samping kanan-kiri layar utama.

Dalam layar tersebut, Presiden langsung bisa mengetahui situasi dan kondisi di lapangan, baik di jalan darat, kereta api, kapal laut maupun pesawat terbang.

Ruang kendali dapat langsung mengetahui data-data yang ada di lapangan, baik kecepatan laju kendaraan, jumlah penumpang, maupun data lainnya.

Presiden Yudhoyono dalam kesempatan itu juga melakukan telekonference dengan Direktur Utama PT ASDP Ferry Danang S Baskoro di Pelabuhan Merak, Banten.

Selain itu juga dengan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya I Nyoman Gede Saputra serta nahkoda kapal Kapal Bukit Sigutang.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden meminta para petugas untuk tetap bekerja dengan baik untuk melayani pemudik. Dan tidak lupa untuk memeastikan agar mereka yang bekerja saat lebaran diganti cutinya sebagai kompensasi.

Presiden dalam kesempatan itu didampingi oleh Wakil Presiden Boediono dan sejumlah menteri, di antaranya Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Sebelumnya, Presiden meninjau kesiapan Kapal Perang KRI Banda Aceh yang dipergunakan untuk melayani mudik gratis bagi pengendara bermotor dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013