Jakarta (ANTARA) -
Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Zuhad Aji Firmantoro mengatakan debat capres/cawapres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai masih efektif untuk menjaring pemilih bimbang atau undecided voters dalam Pilpres 2024.

Menurut Zuhad, hasil debat masih efektif untuk mendongkrak elektabilitas paslon AMIN, guna merebut suara pemilih bimbang.

"Kami tetap percaya betul bahwa debat itu berpengaruh terhadap angka elektoral ya, cuma memang angkanya masih fluktuatif," kata dia saat diwawancarai ANTARA di sela sesi diskusi dengan tema "Mungkinkah Debat Capres/Cawapres Mempengaruhi Pemilih di Pilpres 2024" yang diselenggarakan IPR dan salah satu media di Jakarta, Kamis.

Dia mengeklaim, hasil debat terbukti mampu mendongkrak elektabilitas AMIN dengan tren angka yang terus naik, berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei.

Meski begitu, dia mengakui ada sejumlah evaluasi untuk paslon tersebut untuk sisa penyelenggaraan debat yang akan digelar oleh KPU nanti.

Salah satunya, yaitu timnas merekomendasikan kepada paslon untuk lebih banyak memilih diksi atau kata yang lebih sederhana, sehingga gagasan perubahan yang digaungkan bisa lebih dimengerti khalayak lebih luas, kata dia.

"Kami berharap pesan itu sampai, karena gagasan Anies-Muhaimin 'kan bagus-bagus ya, sehingga tinggal menyederhanakan penyampaiannya saja," tutur dia.

Diketahui, hasil jajak pendapat Litbang Kompas pada 29 November - 4 Desember 2023 yang dirilis Senin (11/12), menunjukkan bahwa ada 28,7 persen responden yang belum menentukan pilihan atau undecided voters dalam Pilpres 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Elektabilitas Prabowo-Gibran tinggi, LSJ prediksi Pilpres satu putaran

Baca juga: Budiman nilai tuduhan “nepo baby” kepada Gibran tak beralasan

Baca juga: Pejuang PPP deklarasi dukung Prabowo-Gibran menang satu putaran

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023