Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menyebutkan sah-sah saja klaim Capres RI Prabowo Subianto bisa unggul dalam debat ketiga.

Debat ketiga akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada tanggal 7 Januari 2024 itu bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat ketiga akan mempertemukan antarcapres.

"Saya kira seluruh klaim yang akan diberikan oleh masing-masing calon sah-sah adanya," kata Ganjar usai menghadiri acara sarasehan bersama eksponen, alumnus, dan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Jakarta, Kamis.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut mengatakan bahwa semua orang boleh mengklaim pada masa kampanye Pemilu 2024.

"Politik, kampanye, itu saatnya ngeklaim. Jadi, boleh semua ngeklaim, tetapi problem bangsa ini sangat banyak, termasuk pertahanan dan keamanan," katanya.

Sementara itu, Cawapres RI Mahfud Md. mengatakan bahwa tiga matra TNI perlu mendapat perhatian.

"Kita tahu dunia berubah, pertahanan kita sampai hari ini kondisinya seperti ini, dan masing-masing angkatan (angkatan darat, laut, dan udara) rasa-rasanya perlu mendapat perhatian, dan tentu saja Anda tunggu debatnya nanti," ujarnya.

Baca juga: Ganjar hormati hasil survei CSIS dan Indikator Politik Indonesia
Baca juga: Ganjar singgung anggaran makan siang gratis Prabowo-Gibran


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI telah mengadakan debat pertama antar-capres di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12). Tema debat pertama adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Selepas debat pertama, KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12).

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023