Baik karakter maupun gaya Jokowi, amat berbeda 360 derajat dari sosok Prabowo Subianto.
Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyatakan bahwa adanya ideologi partai yang sama membuat sosok Ganjar Pranowo amat cocok untuk meneruskan program kerja dan perjuangan Presiden RI Joko Widodo.

"Penerus yang cocok, penerus yang sangat bisa meneruskan apa yang telah dilakukan oleh Pak Jokowi, menurut saya hanya Ganjar Pranowo karena Jokowi dan Ganjar lahir dari ideologi partai yang sama," kata Juru Bicara TPN Iwan Setiawan dalam diskusi publik yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Iwan menuturkan bahwa lahir dari ideologi partai yang sama menguntungkan bagi Ganjar karena lebih unggul dalam estafet program kerja yang telah dijalankan sebelumnya. Karakter Ganjar pun dinilai mirip dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil survei internal pihaknya yang menyatakan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud Md. mencapai kurang lebih sebesar 37 persen atau selalu berada tepat di bawah pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang angkanya 41,1 persen.

"Meski dalam sembilan survei terakhir nomor satu ini tetap pasangan Prabowo-Gibran, tetapi di bawahnya selalu ada Ganjar-Mahfud. Makanya, Andi Widjajanto menyebut kemarin bahwa pilpres itu akan dua putaran, tidak ada rumusnya satu putaran karena sejauh ini belum melihat survei 02 itu berada di atas 50 persen," ucap dia.

Baik karakter maupun gaya Jokowi, menurut dia, amat berbeda 360 derajat dari sosok Prabowo Subianto yang belum tegas dalam menjalankan salah satu program usungannya terkait dengan ketahanan pangan.

Dalam kesempatan tersebut, Iwan mengemukakan bahwa alur politik merupakan sebuah hal yang sudah didesain oleh sebuah pihak. Maka dari itu, walaupun pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menggunakan julukan AMIN yang diakui sebagai takdir langit, akhir dari Pemilu 2024 tidak ada yang kebetulan karena hilalnya yang belum terlihat.

"Saya kira politik tetap by design walaupun ada aspek spiritualitas apa pun, pilpres ini menurut saya by design dalam politik itu sangat dominan," kata Iwan.

Baca juga: Ganjar sebut sah-sah saja klaim Prabowo bisa unggul dalam debat ketiga
Baca juga: Ganjar singgung anggaran makan siang gratis Prabowo-Gibran


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023