Jakarta (ANTARA News) - Komikus Indonesia Alex Irzaqi meraih penghargaan tertinggi The Winner Award dalam lomba Silent Manga Audition yang diselenggarakan majalah manga Jepang COMIC ZENON.

“Sebenarnya saya hanya iseng-iseng saja mengikuti lomba ini karena banyak teman-teman lain yang juga ikut. Semoga saya bisa jadi pemicu bagi saudara-saudara se-Tanah Air lainnya yang pastinya banyak yang lebih jago dari saya,” ujar Alex yang mendapat hadiah 500.000 yen dalam siaran pers yang diterima ANTARA News.

Sebanyak 504 kontestan dari 54 negara bersaing untuk memperebutkan 26 penghargaan yang ditawarkan. Hasil karya para pemenang juga akan dimuat dalam majalah manga Jepang.

Tidak tanggung-tanggung, Indonesia mendominasi dengan meraih sembilan penghargaan, mengalahkan Jerman yang mendapat empat penghargaan, dan Thailand yang hanya menggondol tiga penghargaan.

Silent Manga Audition menantang peserta lomba dari segala penjuru dunia untuk membuat komik tanpa dialog bertema “surat cinta”. Lomba komik bisu tanpa dialog merupakan hal yang pertama kali diadakan di Jepang yang diharapkan dapat dinikmati semua pembaca lintas dunia tanpa terkendala faktor bahasa.

Majalah manga Jepang COMIC ZENON merupakan rumah bagi karya-karya Tetsuo Hara yang terkenal dengan “Tinju Bintang Utara”, juga karya Tsukasa Hojo, pencipta “City Hunter”. Kepala Editor COMIC ZENON adalah Nobuhiko Horie, mantan Kepala Editor majalah manga Shonen Jump yang berhasil memecahkan rekor penjualan di sana.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013