Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor (Polres) Bogor mengerahkan 580 personel untuk mengatur dan mengamankan lalu lintas kendaraan di kawasan Puncak dan Ciawi selama pekan mudik Lebaran.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Muhammad Chaniago, Senin, mengatakan, para petugas akan ditempatkan di pos-pos pengamanan yang ada di sepanjang jalur Puncak dan Ciawi serta titik-titik rawan kemacetan di kedua jalur tersebut.

"Kami juga terus melakukan sosialisasi baik melalui spanduk yang berisikan informasi agar kendaraan mengikuti arus dan tidak melakukan pelambungan. Karena sudah diketahui, jika kendaraan melakukan lambungan-lambungan akan menyebabkan kuncian-kucian hingga arus tidak bergerak," katanya.

Ia mengatakan, sejak tiga hari menjelang Lebaran polisi telah menyebarkan informasi kepada masyarakat melalui media massa dan jejaring sosial agar menggunakan jalur alternatif menuju ke Cianjur dan Sukabumi.

"Imbauan ini kami lakukan agar masyarakat nantinya tidak terjebak kemacetan arus di Puncak dan Ciawi, karena pada H-1 hingga H+2 itu jalur diprioritaskan untuk kendaraan wisata. Jika tidak ingin terjebak kemacetan, gunakan jalur alternatif," katanya.

Dia menambahkan, tiga hari menjelang Lebaran arus lalu lintas di kawasan Puncak dan Ciawi mulai meningkat, pemudik pengguna sepeda motor yang melintas bertambah banyak.

"Peningkatan jumlah arus pemudik diprediksikan terjadi hari ini, khususnya sepeda motor. Pemudik sepeda motor ini sudah ramai terlihat sejak tadi malam," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013