Jakarta (ANTARA) - Kabar duka menerpa dunia hiburan Tanah Air dan luar negeri, seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan, seiring berpulangnya sejumlah pesohor, antara lain Nani Wijaya, Kiki Fatmala, Michael Gambon, Mattew Perry, dan yang terbaru Lee Sun-kyun.

Sebagian dari mereka meninggal dunia karena sakit, seperti kanker, pneumonia, dan penyakit jantung.

Berikut beberapa nama selebritas, baik itu yang mendalami bidang musik maupun seni peran, yang meninggal dunia sepanjang tahun 2023.

Annie Wersching

Aktris Annie Wersching meninggal dunia pada usia 45 tahun pada tanggal 29 Januari 2023 akibat kanker yang dideritanya, dua tahun terakhir.

Dia dikenal publik karena perannya dalam film "24" dan "Bosch" dan peran Tess dalam video game 2013 "The Last of Us".

Film pertama Wersching pada saat ia berusia 24 tahun, muncul dalam episode tahun 2002 "Star Trek: Enterprise". Wersching, kemudian muncul dalam berbagai seri, termasuk "Frasier", "Supernatural", dan "Charmed" - sebelum mendapatkan peran berulang sebagai Amelia Joffe di "General Hospital" dan Renee Walker di "24".

Wersching kemudian bergabung dengan "Timeless", "The Vampire Diaries", dan "Extant" sebagai karakter berulang. Wersching juga pernah tampil di "Runaways" dan "The Rookie".

Setelah didiagnosis menderita kanker pada tahun 2020, Wersching terus berakting selama dua tahun berikutnya.

Baca juga: Aktor Leslie Jordan yang bermain di "Will & Grace" meninggal dunia

Baca juga: Aktor Korea Selatan Jung Chae-yul meninggal dunia


Nani Wijaya

Aktris senior Nani Wijaya mengembuskan nafas terakhir di usia 81 tahun pada 16 Maret 2023 di RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Dia sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas.

Nani Wijaya lahir di Cirebon, Jawa Barat, pada 10 November 1944. Dia sebelumnya dikenal sebagai salah satu dari anggota Golden Girls, yang terdiri atas Ida Kusumah, Connie Sutedja, dan Rina Hassim.

Nani Wijaya pertama kali memulai debutnya di dunia akting pada tahun 1958. Ketika duduk di bangku SMP, dia diterima menjadi pemain pembantu di "Darah Tinggi" (1960). Setahun kemudian, dia diketahui mendapat peran utama dalam "Di Balik Dinding Sekolah".

Kemudian pada tahun 2002, nama Nani Wijaya juga berhasil membawakan peran yang membuat namanya semakin melejit melalui sinetron komedi (sitkom) "Bajaj Bajuri". Dalam sitkom tersebut, Nani Wijaya berperan sebagai Emak Oneng.

Jung Chae-yul

Model, sekaligus aktor asal Korea Selatan Jung Chae-yul atau Chae Yull, meninggal dunia dalam usia 26 tahun pada 11 April 2023 dan pemakaman dilakukan secara tertutup, sesuai dengan keinginan keluarga yang ditinggalkan.

Jung Chae-yul pertama kali muncul di program bertahan hidup mode fesyen "Devil’s Runway" pada tahun 2016. Dia kemudian memulai karier aktingnya dengan membintangi film "Deep" pada tahun 2018.

Iqbal Pakula

Aktor Mohamad Iqbal atau lebih dikenal sebagai Iqbal Pakula meninggal dunia pada 25 April 2023 di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta, dalam usia 46 tahun.

Jenazah Iqbal Pakula dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan.

Iqbal dikenal sebagai aktor yang membintangi proyek sinetron di layar kaca dengan judul-judul seperti "Tukang Bubur Naik Haji; the Series", "Pintu Berkah" dan "Kembalinya Raden Kian Santang".

Dia juga tampil di beberapa proyek film, seperti "The Fabulous Udin" (2016) dan "Bukan Cinta Malaikat" (2017) serta serial web "Ada Dewa di Sisiku" (2020) dan "Live with My Ketos" (2021).

Eeng Saptahadi

Aktor senior Muhammad Jueri Saptahadi atau yang dikenal sebagai Eeng Saptahadi meninggal dunia di usia 65 tahun pada 21 Mei 2023 di RS Primaya, Bekasi.

Eeng Saptahadi diketahui lahir di Indramayu pada 15 Februari 1958. Debutnya di dunia perfilman dimulai pada 1983, saat membintangi film “Senjata Rahasia Nona”.

Namun, nama Eeng Saptahadi sendiri mulai dikenal publik setelah bermain dalam sinetron TVRI berjudul “Losmen” bersama sejumlah artis terkenal, mulai dari Mieke Widjaya, Dewi Yul, hingga Mathias Muchus.

Baca juga: Aktor senior Eeng Saptahadi tutup usia

Baca juga: Julian Sands dinyatakan meninggal setelah hilang saat naik gunung


Tina Turner

Penyanyi legendaris Tina Turner meninggal dunia pada usia 83 tahun pada Mei 2023.

Tina Turner lahir dengan nama asli Anna Mae Bullock pada 26 November 1939. Dia dibesarkan di Kota Nutbush, Tennessee, dan menghabiskan sebagian besar masa kecilnya bernyanyi di paduan suara gereja.

Album solonya tahun 1984 "Private Dancer" termasuk lagu hits, seperti "Better Be Good To Me" dan "What's Love Got to Do with It" yang sekarang menjadi ikon, menghasilkan empat Grammy untuk Tina.

Banyak penghargaan karier Tina, termasuk tiga American Music Awards, 12 Grammy, dan Kennedy Center Honor. Dia dilantik ke dalam Rock & Roll Hall of Fame bersama Ike pada tahun 1991, dan sekali lagi sebagai artis solo pada tahun 2021.

Ryuchell

Pemengaruh sosial sekaligus model dan aktivis asal Okinawa, Jepang, Ryuji HIga atau dikenal sebagai Ryuchell meninggal pada usia 27 tahun.

Dia ditemukan tak sadarkan diri oleh manajernya di kantor agensi hiburan kawasan Shibuya, Tokyo, pada 12 Juli 2023. Polisi menduga penyebab kematian Ryucell karena bunuh diri.

Ryuchell mendapat pengakuan sebagai pemengaruh Instagram di Harajuku dan sebagai tokoh kunci dalam subkultur mode tanpa gender. Seiring popularitasnya, dia tampil di beberapa acara televisi di Jepang.

Tony Bennett

Penyanyi genre musik pop dan jazz legendaris Tony Bennett meninggal dunia pada 21 Juli 2023 di New York, Amerika Serikat, setelah berjuang melawan penyakit Alzheimer.

Tony Bennett didiagnosis menderita penyakit Alzheimer pada 2016, namun sang musisi tidak mengungkapkan penyakitnya itu kepada publik hingga tahun 2021. Dia tampil pada pertunjukan terakhir bersama penyanyi Lady Gaga pada akhir tahun 2021.

Lahir dengan nama Anthony Dominick Benedetto, Tony Bennett merilis album pertamanya bertajuk "Because of You" pada 1952 dan lagu-lagunya kerap bertengger di tangga lagu Amerika Serikat selama kariernya. Salah satu lagunya yang paling dikenal adalah "I Left My Heart in San Fransisco" yang rilis tahun 1962.

Selama delapan dekade perjalanan kariernya, Bennett telah memenangi 20 penghargaan Grammy, termasuk penghargaan Lifetime Achievement Award yang diterimanya pada 2001.

Baca juga: Aktor veteran Korsel Byun Hee-bong meninggal dunia

Jimmy Buffet

Musisi asal Amerika Serikat Jimmy Buffett meninggal di usia 76 tahun pada 1 Agustus 2023 di Sag Harbor, New York akibat kanker kulit sel merkel yang dideritanya sejak empat tahun lalu.

Karsinoma sel merkel adalah kanker kulit langka dan agresif yang seringkali dimulai dengan nodul merah berkilau di wajah, tangan, dan leher.

Buffett terus tampil selama ia menjalani perawatan kankernya. Pertunjukan terakhirnya pun berlangsung pada bulan Juli, saat penampilan kejutan di Rhode Island.

Penyanyi lagu ''Margaritaville" tersebut meninggalkan istrinya yang bernama Jane, dua orang putri dan seorang putra (Savannah, Sarah, Cameron), dua saudara perempuan (Laurie dan Lucy), seorang cucu (Marley) dan kawanan anjing setianya (Lola, Kingston , Pepper, Rosie, Ajax, dan Kody).

Byun Hee-bong

Aktor veteran asal Korea Selatan Byun Hee-bong meninggal dunia pada 18 September 2033 dalam usia 81 tahun, saat berjuang melawan penyakit kanker pankreas yang sebelumnya telah dinyatakan remisi.

Byun Hee-bong lahir pada tahun 1942, dan memulai karier sebagai aktor teater pada tahun 1965 melalui perekrutan pengisi suara MBC.

Byun Hee-bong lalu muncul dalam berbagai proyek termasuk drama “My Too Perfect Sons,” “Blow Breeze,” dan “My Lawyer, Mr. Jo 2: Crime and Punishment” serta film “Memories of Murder,” “The Host", dan “Okja".

Dia pernah memenangkan penghargaan sebagai aktor paling populer dalam kategori televisi di Baeksang Arts Awards ke-21 untuk perannya dalam serial drama periode "The Joseon Dynasty 500 Years: Seoljungmae", dan aktor pendukung terbaik di Blue Dragon Awards ke-27 untuk perannya dalam "The Host".

Michael Gambon

Michael Gambon yang berperan sebagai Profesor Dumbledore dalam film “Harry Potter” dan dipuji sebagai salah satu aktor Inggris terhebat, meninggal dunia dalam usia 82 tahun pada September 2023.

Keluarga Gambon mengonfirmasi kematian sang aktor setelah terkena pneumonia.

Michael Gambon dijuluki sebagai “the great Gambon” berkat penampilannya dalam “Life of Galileo” karya Brecht di Teater Nasional London pada tahun 1980, meskipun ia telah menikmati sedikit kesuksesan, terutama dalam drama Alan Ayckbourn dan Harold Pinter.

Baca juga: Aktor "Euphoria" Angus Cloud meninggal dunia pada usia 25 tahun

Baca juga: Matthew Perry "Friends" meninggal usia 54 tahun


Matthew Perry

Aktor Matthew Perry, pemeran Chandler Bing pada serial "Friends", meninggal dunia dalam usia 54 tahun di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 28 Oktober 2023.

Dia ditemukan meninggal di jacuzzi rumahnya dan tidak ditemukan obat-obatan di tempat kejadian. Hasil otopsi mengungkapkan bahwa Matthew Perry, meninggal dunia karena efek akut ketamine, obat bius dengan sifat psikedelik.

Perry pernah secara terbuka mengungkapkan dirinya tengah berjuang menghadapi kecanduan minuman keras dan narkoba selama beberapa dekade terakhir.

Tyler Christopher

Aktor jebolan “General Hospital”, Tyler Christopher, meninggal dunia pada 31 Oktober 2023 dalam usia 50 tahun karena serangan jantung.

Christopher yang memerankan Nikolas Cassadine dalam acara tersebut dari tahun 1996 hingga 2016, bersama Sonny Corinthos dikenal sebagai sosok yang manis dan teman yang baik bagi semua orang yang ditemuinya.

Nahee

Penyanyi sekaligus penulis lagu asal Korea Selatan Nahee meninggal dunia pada 8 November 2023 dalam usia 24 tahun.

Semasa hidupnya, Nahee telah memulai debut resmi sejak 2019 dengan merilis lagu “Blue City”. Baru-baru ini ia juga merilis lagu bertajuk “rose” yang didedikasikan untuk para penggemarnya.

Nahee menjadi salah satu artis di bawah naungan agensi Munhwain sejak 2020.

Baca juga: Mendiang Yayu Unru dimakamkan di TPU Cilandak

Baca juga: Aktor "General Hospital" Tyler Christopher meninggal di usia 50 tahun


George Brown

Penggebuk drum kelompok musik soul and funk Kool & the Gang, yaitu George "Funky" Brown tutup usia pada usia 74 tahun pada 16 November 2023 setelah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru sejak tiga tahun silam. Brown dilaporkan didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak tiga tahun lalu.

Funky Brown meninggalkan istri dan lima anaknya. Selama hampir 50 tahun bergabung dengan band, Funky Brown bermain drum, keyboard, dan menyumbangkan vokal latar. Dia juga salah satu penulis lagu utama grup tersebut.

Kiki Fatmala

Aktris senior Kiki Fatmala dikabarkan meninggal dunia di usia 56 tahun pada 1 Desember 2023 karena komplikasi kanker. Kiki Fatmala, yang aktif di layar lebar dan layar kaca sejak tahun 1980-an, kesohor berkat aktingnya pada sejumlah film dan sinetron, salah satunya "Si Manis Jembatan Ancol".

Dia dikenal salah satunya oleh aktor Ozy Syahputra sebagai sosok yang semangat dalam setiap mengerjakan sesuatu, sangat disiplin, rajin dalam menyelesaikan pekerjaannya dan seorang introvert.

Yayu Unru

Aktor senior Indonesia Andi Wahyuddin Unru atau yang lebih dikenal dengan nama Yayu Unru wafat pada 8 Desember 2023 dalam usia 61 tahun karena penyakit jantung, dimakamkan di TPU Cilandak, Jakarta Selatan.

Sang aktor sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, selama beberapa hari belakangan.

Ryan O'Neal

Aktor seni peran ikonik Holywood era '70-an Ryan O'Neal dikabarkan meninggal pada usia 82 tahun pada 8 Desember 2023, setelah sempat mendapatkan diagnosis leukemia kronis pada tahun 2001 dan kemudian kanker prostat pada tahun 2012. Kabar duka tersebut datang dari putra O’Neal bernama Patrick yang mengonfirmasi kepergian sang ayah dalam serangkaian unggahan di Instagram.

Ryan O'Neal dianggap sebagai salah satu bintang besar Hollywood pada era akhir tahun '60-an menuju '70-an.

Jim Ladd

DJ rock veteran asal Los Angeles dan pembawa acara saluran rock klasik SiriusXM “Deep Tracks”, yakni Jim Ladd dikonfirmasi telah meninggal pada 17 Desember di rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat karena serangan jantung pada usia ke-75 tahun. Ladd meninggalkan seorang istri bernama Helene Hodge-Ladd.

Baca juga: Aktor "Parasite" Lee Sun-kyun dimakamkan

​​​​​​​Bobbie Jean Carter

Saudari Nick & Aaron Carter, Bobbie Jean Carter meninggal dunia pada Sabtu (23/12) pagi di Florida, demikian seperti diungkapkan ibunda ketiga pesohor itu, Jane Carter.

Penyebab kematian Bobbie belum dapat diketahui. Jane mengatakan saat dirinya nanti bisa berpikir jernih, akan mengeluarkan pernyataan yang lebih lengkap.

Lee Sun-kyun

Aktor Korea Selatan Lee Sun-kyun meninggal dalam usia ke-48 tahun pada 27 Desember lalu dan menurut polisi di Seoul, Korea Selatan, penyebab kematiannya karena bunuh diri.

Polisi menemukan seorang pria tidak sadar di dalam mobil yang diparkir di sebuah taman di Seoul, setelah menerima panggilan darurat dari seorang wanita yang mengatakan suaminya telah meninggalkan rumah setelah menulis catatan seperti pesan terakhir sebelum bunuh diri.

Polisi juga menemukan bukti briket arang menyala di dalam mobil Lee Sun-kyun dan menunjukkan bahwa kematiannya diduga kuat karena bunuh diri.

Baca juga: Artis senior Kiki Fatmala meninggal dunia

Baca juga: Influencer Brasil meninggal di usia 29 tahun usai operasi sedot lemak

Baca juga: Suasana duka selimuti pemakaman aktor Iqbal Pakula

Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2023