Surabaya (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mendapat curhatan atau keluhan dari pedagang soal sepinya pembeli saat berkunjung ke Pasar Menganti, Gresik, Jawa Timur, Jumat.
 
Menurut Muhaimin, sepinya pembeli salah satu penyebabnya adalah tipisnya kantong dan dompet masyarakat. Akar masalah tersebut bermuara pada tingginya angka pengangguran.
 
"Pemerintah harus hadir turun tangan menangani masalah ini. Yang pertama, pengangguran," kata Cak Imin, sapaan akrabnya, di depan masyarakat dan pedagang di Pasar Menganti, Gresik.

Baca juga: Hari ke-32 kampanye, pasangan AMIN masih berkampanye di Jawa Timur
 
Selain pengangguran, lanjut Cak Imin, rantai masalah yang juga harus diselesaikan adalah soal harga bahan pokok karena yang terjadi saat ini pendapatan masyarakat tidak ada peningkatan signifikan. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan harga bahan pokok yang terus naik.
 
"Jangankan untuk menabung, memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masyarakat seringkali pas-pasan, bahkan kekurangan. Rakyat dompetnya harus terisi, belanjanya murah dan punya tabungan," katanya.
 
Kunjungan Cak Imin ke Pasar Menganti, Gresik, itu dilakukan setelah menyambangi beberapa daerah di Jatim dalam rangkaian kampanye Pilpres 2024. Dimulai dari Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, hingga hari ini ke Kabupaten Gresik.

Baca juga: Cak Imin ibaratkan Indonesia mobil lambat di hadapan relawan Tangerang
 
Di Pasar Menganti, Cak Imin didampingi beberapa tokoh PKB, seperti Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid, Hanif Dhakiri hingga Wakil Bendahara Umum Bambang Susanto.
 
Hadir juga dalam kesempatan itu petinggi PKB Jatim, seperti Sekretaris Anik Maslachah, Bendahara Fauzan Fuadi dan beberapa politisi PKB lainnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Capres-cawapres AMIN serap aspirasi petani dan nelayan Banyuwangi
Baca juga: Muhaimin singgung soal penegakan hukum pemberantasan korupsi

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023