Sukabumi (ANTARA News) - Pemudik mulai memadati jalur mudik Ciawi-Sukabumi, Senin, menyebabkan arus lalu lintas tersendat.

"Kepadatan kendaraan sudah terjadi sejak pukul 08.00 WIB, bahkan di titik-titik tertentu arus lalu lintas dari arah Ciawi menuju Sukabumi seperti di Pasar Cicurug, Parungkuda dan Cibadak terjadi penumpukan kendaraan," kata Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Zainul Arifin kepada Antara, Senin.

Zainul mengatakan kepadatan arus lalu lintas juga dipengaruhi oleh aktivitas warga menuju  pusat perbelanjaan di sepanjang jalur mudik ini sehingga arus lalu lintas menjadi terhambat.

Menurut Zainul, untuk mengurai kepadatan maupun kemacetan arus lalu lintas polisi mengalihkan sebagian kendaraan ke jalur alternatif Simpang Tenjo Ayu di Kecamatan Cicurug.

Selain itu, polisi juga melakukan rekayasa jalanan di titik-titik tertentu untuk mengurai kemacetan dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kami terus melakukan penguraian arus kendaraan dan memantau arus lalu lintas dari arah Ciawi agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Juga memberikan imbauan kepada para pemudik agar melalui jalur alternatif yang ada di sepanjang jalur mudik di Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Dari pantuan pihak Polantas Polres Sukabumi, mayoritas pemudik yang masuk ke Sukabumi menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Beberapa dari para pemudik juga memanfaatkan masjid untuk tempat beristirahat sementara sebelum melanjutkan kembali mudiknya.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013