Swara Prambanan yang akan dilaksanakan pada 31 Desember 2023 ini menyajikan hiburan yang mengolaborasikan musik, seni dan budaya,
Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) menyelenggarakan acara bertajuk "Swara Prambanan" yang menghadirkan sejumlah seniman terbaik di Yogyakarta pada senja terakhir 2023 atau malam pergantian tahun menuju 2024 di pelataran Candi Prambanan.

"Swara Prambanan yang akan dilaksanakan pada 31 Desember 2023 ini menyajikan hiburan yang mengolaborasikan musik, seni dan budaya," kata Commercial & Experience Specialis PT TWC Dimas Ganjar di Candi Prambanan, Jumat.

Menurut dia, seniman-seniman terbaik Yogyakarta yang akan tampil pada acara spesial malam Tahun Baru 2024 ini meliputi grup musik Sheila On 7, Shaggydog, Ndarboy Genk, Jikustik  dan Kunto Aji.

"Candi Prambanan merupakan salah satu warisan budaya UNESCO, sebuah mahakarya megah yang memiliki nilai historis dan filosofis yang luar biasa. Kami mengharapkan pengunjung merasakan energi yang berbeda saat hadir di Swara Prambanan pada malam tahun baru nanti," katanya.

Baca juga: TWC luncurkan wisata spiritual "Purnama Tilem" di Candi Prambanan

Menurut dia, Swara Prambanan merupakan sebuah acara hiburan pada malam tahun baru, yang menggaungkan kolaborasi musik, seni  dan budaya, berlatar belakang kemegahan Candi Prambanan.

"Musik, dengan menghadirkan musisi terbaik dari Yogyakarta, seperti Sheila On 7, Shaggydog, Ndarboy Genk, Jikustik dan Kunto Aji. Seni, dengan menampilkan instalasi seni patung anyaman bambu 'Bukti Cinta Ke - 1000' dari seniman Yogyakarta," katanya.

Budaya, dengan menyuguhkan atraksi budaya di area Panggung Swara, serta deretan kuliner tradisional Yogyakarta di area Pasar Medang.

"Kolaborasi musik, seni dan budaya dengan lokalitas terbaik Yogyakarta, dikemas apik dalam Swara Prambanan, menjadi sebuah acara yang memiliki ciri khas tersendiri," katanya.

Baca juga: TWC tambah loket tiket antisipasi lonjakan wisatawan libur akhir tahun

Personel band Sheila On 7 Adam Subarkah mengaku berterima kasih karena diberi kepercayaan untuk tampil di acara yang diselenggarakan di kawasan Candi Prambanan ini.

"Jujur saja, kami memang dapat banyak tawaran untuk mengisi malam tahun baru. Namun kami Sheila On 7 lebih memilih untuk bisa memeriahkan Swara Prambanan ini," katanya.

Hal sama juga diungkapkan personel  Jikustik Adit yang merasa mendapat tantangan untuk mengisi acara Swara Prambanan ini.

"Kami berterima kasih karena diberi kesempatan untuk mengisi acara ini. Ini acara yang luar biasa dan menjadi tantangan bagi kami Jikustik," katanya.

Baca juga: PT TWC dukung pelaksanaan Pabbajja Samanera di Borobudur

CEO Antara Suara sekaligus Program Director Swara Prambanan Andri Verraning Ayu menyatakan selain menggandeng musisi Yogyakarta, gelaran ini juga menggandeng seniman dan komunitas lain di Yogyakarta.

"Antara Suara terus mempertahankan komitmennya membuat 'live event' dengan 'aftertaste' bahagia kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, untuk Swara Prambanan ini, lima musisi terbaik kebanggaan Kota Yogyakarta dihadirkan, sejumlah instalasi dengan beragam bentuk dan ukuran juga dirancang bersama seniman untuk membawa nuansa kultur dan heritage Yogyakarta yang otentik.

"Kami harap semua yang hadir dapat menikmati akhir tahun dengan bahagia," katanya.

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023