Secara gradasi ya, ke depannya saya punya keyakinan kita akan menjadi produsen hasil budi daya lobster yang kuat di kawasan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono optimistis Indonesia bisa menjadi produsen lobster yang kuat di kawasan seiring dengan upaya budi daya yang terus digenjot oleh pemerintah.

"Secara gradasi ya, ke depannya saya punya keyakinan kita akan menjadi produsen hasil budi daya lobster yang kuat di kawasan," ujar Trenggono dalam  acara Bagi-bagi ikan gratis di Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta, Jumat. 

Trenggono mengatakan, KKP telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Vietnam terkait kerjasama budi daya lobster.

Menurutnya, kolaborasi dengan Vietnam menjadi peluang Indonesia untuk meningkatkan kualitas budidaya lobster dan bisa melakukan ekspor.

Ia menyampaikan, ratusan juta benih lobster masih keluar dari Indonesia secara ilegal setiap tahun. Benih lobster tersebut kemudian dibudidayakan di beberapa negara-negara lain salah satunya ialah Vietnam. 

"Kalau ditanya lewat mana saya nggak pernah tahu, tapi yang pasti saya menangkap terus dari bandara Jakarta, dari bandara Denpasar, dari bandara Makassar, kita nangkapin terus ya. Lalu kemudian di laut kita kejar kejaran kadang-kadang sampai lemas sendiri kita," kata Trenggono.

Kerja sama dengan Vietnam diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Vietnam nantinya akan berinvestasi di Indonesia untuk mengembangkan budi daya lobster.

"Saya minta mereka investasi di Indonesia, mereka mau investasi dan mereka juga berharap dengan pola ini bisa membuat mereka lebih tertata dan legal,” ujar Trenggono.

Menurut Trenggono, hal yang krusial adalah Vietnam masuk membawa semua pengalamannya dalam mengembangkan budi daya lobster.

"Mereka join dengan masyarakat di sini, budi daya di sini, lalu. Kalau mereka mau membawa benur ke negaranya, tentu dia harus bayar ke negara ini,” kata Trenggono.

Baca juga: Manuver KKP 2023: Gencarkan modeling hingga selamatkan benih lobster
Baca juga: KKP ungkap modus penyelundupan benih bening lobster via jalur udara
Baca juga: Dirjen PSDKP: Harga benih Lobster dalam negeri Rp15 ribu per ekor

 

Pewarta: Arif Prada
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023