Bengkulu (ANTARA) - Universitas Bengkulu (UNIB) membuat kerjasama dengan Universitas Sriwijaya (UNSRI), Rumah Sakit Umum M. Yunus (RSUMY) Bengkulu dan Rumah Sakit Umum Pusat dr. M. Hosein Palembang untuk percepatan realisasi program studi kedokteran spesialis.
 
"Dengan kerja sama ini, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu dapat segera bangkit dan mandiri seperti Universitas Sriwijaya Palembang," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Jumat.
 
Dia pun meminta agar UNIB segera bergerak melakukan konsultasi ke Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kementerian Kesehatan untuk mempersiapkan langkah-langkah guna mewujudkan program studi SP-1 Obstetri dan Ginekologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNIB.
 
"Sehingga dokter umum yang ada di Bengkulu tidak harus meninggalkan tugas serta biaya kuliah bisa lebih murah dan tetap bisa dekat dengan keluarga, itu nilainya luar biasa," kata Gubernur.

Baca juga: Rektor Universitas Bengkulu terpilih jadi panelis debat cawapres

Baca juga: Presma UNIB: Pemilih muda harus diyakinkan dengan cara berkualitas
 
Gubernur menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada para pihak, FK UNSRI, FKIK UNIB, RSUP M. Hoesin Palembang dan RSUD M. Yunus Bengkulu yang telah bersepakat melakukan kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di bidang kedokteran.
 
“Semoga kesepakatan ini dapat diimplementasikan dengan baik untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum dalam bidang kedokteran dan kesehatan di Indonesia maupun di daerah khususnya di Bengkulu dan juga di Provinsi Sumatera Selatan," kata dia.
 
Menurut dia, peningkatan mutu kualitas pendidikan termasuk pendidikan kedokteran tersebut juga sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu di bidang pembangunan kesehatan masyarakat.
 
"Saya mendukung program-program ini karena sejalan dan relevan dengan prioritas program Pemerintah Provinsi Bengkulu di bidang pembangunan kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Wakil Rektor IV Prof Irfan Gustian, mengapresiasi FK UNSRI, RSUP M. Hoesin Palembang, Gubernur Bengkulu dan khususnya RSUD M. Yunus Bengkulu, yang telah mendukung pengembangan FKIK UNIB dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.
 
"Harapan kami tentunya sama, yaitu agar berbagai hal dalam perjanjian kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik, serta memberikan kemanfaatan bagi semua pihak, dan yang paling penting adalah agar dapat memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi pembangunan bidang kesehatan baik di daerah maupun secara nasional," ujarnya.*

Baca juga: Rektor: UNIB buka pintu peserta pemilu dialog kebangsaan di kampus

Baca juga: UNIB universitas pertama Indonesia terakreditasi internasional ACQUIN

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023