Kami merasa lega setelah tiba di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak pukul 19.00 WIB dan pukul 19.30 WIB sudah bisa diseberangkan ke atas kapal
Merak (ANTARA) -
Pergerakan penumpang pemudik H+4 Natal atau Jumat (29/12) di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni berjalan lancar dan tidak terjadi kemacetan maupun penumpukan kendaraan.
 
"Semua penumpang dalam kendaraan yang masuk di dermaga tidak begitu lama mengantre dan bisa langsung diseberangkan ke Bakauheni, Lampung," kata Andri, seorang petugas pengatur lalu lintas di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Jumat.
 
Menurutnya, selama ini kendaraan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak relatif normal dan tidak terlihat kepadatan sejak sore hari.
 
Kendaraan pribadi yang mengantre di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, kata dia, sekitar 200 unit dan menunggu kapal bersandar sekitar 30 menit sebelum diseberangkan ke Pulau Sumatera.
 
Kebanyakan penumpang itu adalah pemudik setelah merayakan Natal di berbagai daerah di Pulau Jawa, maupun mereka yang mengisi liburan Tahun Baru 2024 ke Pulau Sumatera.

Baca juga: Pelabuhan Merak H+3 seberangkan 39.190 orang penumpang ke Bakauheni
 
"Kami mengatur lalu lintas di area dermaga, tampak lancar hingga ke atas kapal untuk diseberangkan," katanya.
 
Agustinus (45) seorang pengemudi kendaraan pribadi mengatakan ia bersama anggota keluarga rencana melanjutkan perjalanan ke Palembang usai merayakan Natal di Kota Bogor. Pihaknya memilih pulang ke Palembang lebih awal untuk menghindari kemacetan dan kepadatan kendaraan.
 
"Kami merasa lega setelah tiba di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak pukul 19.00 WIB dan pukul 19.30 WIB sudah bisa diseberangkan ke atas kapal," katanya. 
 
Berdasarkan pantauan ANTARA, sebanyak tujuh dermaga di Pelabuhan Merak sampai pukul 19.30 WIB nampak ramai lancar oleh arus lalu lintas kendaraan yang mengantre menunggu kapal bersandar.
 
Seluruh penumpang baik pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan hanya menunggu 40 menit agar bisa diseberangkan ke Bakauheni, Lampung.

Baca juga: 335.603 penumpang nyeberang dari Merak ke Bakauheni dalam sepekan ini
Baca juga: Arus balik di Pelabuhan Bakauheni pada H+4 Natal ramai lancar
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023