Bandung (ANTARA) - Kepolisian Daerah(Polda) Jawa Barat mencatat jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di sepanjang 2023 mencapai 3.123 korban jiwa.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan jumlah korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) pada 2023 cenderung menurun dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 3.510 jiwa.

“Dan jumlah korban tersebut meninggal dunia menurun hanya sebanyak 297 jiwa atau turun delapan persen,” kata Ibrahim saat ditemui di Bandung, Jumat.

Sementara secara keseluruhan, di Jawa Barat terjadi 9.014 kasus kecelakaan lalu lintas yang tersebar di berbagai wilayah sepanjang 2023.

“Jumlah kecelakaan lalu lintas cenderung menurun selama tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022, dimana terjadi penurunan sekitar 539 kasus atau kurang sekitar 6 persen,” katanya.

Menurut dia, faktor yang menjadi angka penurunan angka kecelakaan maupun korban jiwa dengan penggunaan melalui tilang secara elektronik (ETLE) yang menjadi solusi dalam memecahkan permasalahan berkaitan dengan lalu lintas.

“Ini memang menunjukkan bahwa ada berbagai hal yang menjadi faktor yang menyebabkan menurunnya angka fatal dari kecelakaan ini, dimana memang pada tahun ini juga program ETLE terus meningkat,” kata dia.

Dia menyebut pada tahun 2023 pihaknya telah menyiapkan 21 tilang elektronik statis dan satu unit tilang elektronik portabel, serta 2.000 unit tilang elektronik mobile untuk meningkatkan kesadaran hukum pengguna jalan raya.

“Sehingga ETLE mempunyai efek bagi masyarakat untuk bisa menertibkan pengguna lalu lintas sehingga mempunyai dampak untuk meminimalkan kecelakaan maupun pelanggaran yang terjadi,” kata Ibrahim.

Selain itu, kata dia, selama tahun 2023 kecelakaan paling sering terjadi di wilayah Ciamis dan Sumedang dengan kontur jalan berkelok dan menanjak.

"Wilayah yang paling sering kecelakaan, seperti Ciamis karena memang itu konstruksi wilayahnya daerah pegunungan juga Sumedang yang memang punya jalan yang sama pegunungan, tikungan," kata dia.

Sementara itu, di jalur tol, kecelakaan sering kali terjadi di Tol Cipali dan Tol Padalarang. Diharapkan, jumlah angka kecelakaan dan korban jiwa akan menurun pada tahun 2024.

"Ada juga di jalur cepat seperti tol, di beberapa tol yang dengan kondisi sedikit menikung punya kerawanan dari sisi kelalaian pengemudi karena mengantuk, seperti Tol Cipali dan Padalarang termasuk jalur Utara," katanya.
Baca juga: Polda Jabar pecat 20 anggota selama 2023
Baca juga: Kecelakaan bus di Tol Cipali diduga karena sopir hilang kendali
Baca juga: Polda Jabar gelar latihan gabungan pengamanan pemilu 2024


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023