Jakarta (ANTARA) - Mantan orang nomor satu Amerika Serikat Barack Obama menyebut beberapa penyanyi dan lagu terbaik pilihannya sepanjang tahun 2023, tiga di antaranya adalah "America Has a Problem” dari Beyoncé dan Kendrick Lamar, "Water"-nya Tyla, dan "My Love Mine All Mine" milik Mitski.

Obama mengungkapkan daftar lagu favorit tahunannya itu melalui media sosial pada hari Jumat. Seperti biasa, daftar itu mencakup beragam genre, di antaranya lagu latin “TQG” dari Karol G dan Shakira dan “La Bebe (Remix)” oleh Yng Lvcas dan Peso Pluma, lagu country dan folk “I Remember Everything” menampilkan Zach Bryan bersama Kacey Musgraves, dan "The Returner” oleh Allison Russell.

Selain itu, Obama juga menyebutkan beberapa nomor rap pilihan seperti “Sprinter” oleh Dave dan Central Cee, serta “Sittin’ on Top of the World” yang dipopulerkan oleh Burna Boy bersama 21 Savage. Sementara dari sektor rock indie, Obama menggemari "Joiner” dari Blondshell, “Vampire Empire” dari Big Thief, dan “Younger & Dumber” milik Indigo de Souza.

Baca juga: Barack Obama menangi Emmy Awards 2022

"Inilah beberapa lagu favorit saya tahun ini. Beri tahu saya jika ada artis atau lagu yang harus saya dengarkan," tulis Obama di dalam unggahan X seperti dilansir dari Variety, Sabtu.

Setiap akhir tahun, mantan presiden AS itu juga membagikan sejumlah film dan buku favorit. Film “Oppenheimer,” “American Fiction,” “Past Lives” dan “Anatomy of a Fall” masuk ke dalam daftar film kegemarannya tahun ini. Daftar tersebut mencakup pula tiga film yang diproduksi di bawah perusahaan miliknya yaitu Higher Ground berjudul "Rustin,” “Leave the World Behind” dan "American Symphony".

Obama juga menambahkan "The Color Purple” sebagai salah satu film favorit.

Baca juga: Daftar film favorit Barack Obama tahun ini

"Saya baru saja menonton "The Color Purple” dan menyukainya. Saya menambahkan film itu ke daftar film favorit saya tahun ini," tulis Obama.

Sedangkan untuk buku, Obama menyukai buku terlaris seperti “The Heaven & Earth Grocery Story” karya James McBride, “The Wager” karya David Grann, dan “King” karya Jonathan Eig.

Baca juga: Keluarga Obama terlibat pembuatan animasi Netflix "We the People"

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023