Jakarta (ANTARA) - Barack Obama membagikan daftar film favoritnya sepanjang tahun 2021, di antaranya adalah "West Side Story" dan "The Power of the Dog", Variety dikutip Jumat.

Dalam beberapa tahun terakhir, mantan presiden Amerika Serikat ini mengumumkan daftar buku, film dan musik yang menjadi favoritnya dalam satu tahun.

Baca juga: Sepatu sneakers eksklusif Barack Obama dijual Rp350 juta

Untuk deretan film, dia memasukkan judul "West Side Story" karya Steven Spielberg, "Passing" karya Rebecca Hall, "The Power of the Dog" karya Jane Campion, "The Tragedy of MacBeth" karya Joel Coen, dan "C'mon, C'mon" karya Mike Mills.

Film-film tersebut diharapkan dapat menjadi pesaing utama Oscar 2022.

Ini juga termasuk "Judas and the Black Messiah", yang memenangkan Oscar untuk aktor pendukung terbaik dan lagu terbaik musim semi ini, tetapi secara teknis diputar di bioskop pada bulan Februari.

Selain itu, Obama juga menyebut
"Pig", sebuah dongeng balas dendam yang tidak biasa. Film tersebut menampilkan Nicolas Cage.

Film selanjutnya adalah "Old Henry", "The Card Counter", "Summer Soul" serta "The Last Duel", sebuah epik sejarah yang meledak di box office.

"Masing-masing film ini menceritakan kisah yang kuat, dan saya harap Anda menikmatinya sama seperti saya," kata Obama.

Obama jug memilih sejumlah judul berbahasa asing yang terkenal, termasuk "Drive My Car" karya Ryusuke Hamaguchi, sebuah film Jepang tentang seorang aktor janda dan ikatan yang ia bangun dengan sopirnya.

"The Worst Person in the World" karya sineas Norwegia Joachim Trier juga masuk dalam daftar film favoritnya serta "Quo Vadis, Aida?" karya Jasmila bani, sebuah film perang Bosnia tahun 2020.

"Karena ini adalah karya yang benar-benar saya dengarkan, tonton, atau baca, saya yakin saya telah melewatkan beberapa hal yang berharga," ujar Obama.

"Jadi, jika Anda memiliki rekomendasi lainnya untuk dibagikan, saya akan menambahkannya ke tumpukan buku dan film yang saya harap dapat saya ikuti selama liburan!," imbuhnya.



Baca juga: Obama jadi rekanan strategis NBA Africa

Baca juga: Keluarga Obama terlibat pembuatan animasi Netflix "We the People"

Baca juga: Michelle Obama sebut wawancara Meghan-Harry memilukan hati

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021