LRT Jakarta yang akan beroperasi hingga 1 Januari 2024 pukul 02.00 WIB dengan headway flat 10 menit
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau warga menggunakan transportasi umum saat berkunjung ke lokasi-lokasi yang menjadi titik perayaan Tahun Baru 2024 di Jakarta, termasuk kawasan Sudirman-Thamrin.
 
"Kami mengimbau warga untuk menggunakan angkutan umum saat menuju lokasi-lokasi kegiatan acara. Terkait hal itu, kami telah bersinergi dengan penyelenggara transportasi umum di Jakarta seperti  BUMD bidang transportasi agar mobilitas warga lebih mudah," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Sabtu.
 
Selain itu, Syafrin mengingatkan warga untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku dan mengikuti arahan petugas yang berjaga di setiap lokasi demi kelancaran dan keselamatan.
 
Syafrin menyebut perayaan malam Tahun Baru 2024 bertajuk "Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global" akan digelar di sepanjang Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman pada Minggu (31/12) besok.

Acara ini juga akan dimeriahkan parade mobil hias Jakarnaval (Jakarta Karnaval).
 
Adapun "Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global" ini mengusung konsep malam bebas kendaraan bermotor atau car free night (CFN) di sepanjang Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, mulai pukul 19.00-01.00 WIB, dikecualikan khusus untuk parade mobil hias Jakarnaval dan petugas pengatur lalu lintas.
 
Parade Jakarnaval akan dimulai di titik awal pada pukul 21.30 WIB dan diperkirakan tiba di titik akhir pukul 23.00 WIB, dengan rute start dari panggung Jakarnaval di Pintu Barat Daya Monas/Patung Kuda-Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman-berputar di Bundaran Patung Pemuda Membangun-kembali ke utara Jalan Jenderal Sudirman- berakhir di FX Sudirman melalui Jalan Pintu Satu Senayan.
 
Oleh karena itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas berupa penutupan ruas jalan di 26 titik dan rute alternatif pengalihan arus lalu lintas, mulai pukul 19.00-01.00 WIB.
 
Ruas jalan dan akses menuju ruas jalan yang akan ditutup yakni Jalan Jenderal Sudirman (mulai dari Bundaran Senayan sampai dengan Bundaran HI), Jalan M.H. Thamrin (mulai dari Bundaran HI sampai dengan Bundaran Patung Kuda), Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat Kupingan Semanggi (Gatot Subroto) sisi Barat, Jalan Bendungan Hilir, Jalan KH. Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, Jalan Kupingan BNI 46, Jalan Kota Bumi dan Jalan Baturaja, Jalan Teluk Betung, dan Jalan Kebon Kacang.
 
Kemudian, Jalan Sunda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jalan Setiabudi, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun dan Kolong Semanggi, Jalur lambat kupingan Semangggi (Gatot Subroto) sisi Timur, SCBD, Jalan Tulodong Atas 2/Samping CIMB, Simpang Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih dari Arah Barat/ untuk arah timur tutup di Simpang Agus Salim, Jalan K.H Wahid Hasyim, dan Jalan Majapahit.
 
Lebih lanjut, Syafrin menjelaskan akan ada sejumlah rute layanan bus TransJakarta yang terdampak dan hanya beroperasi sampai pukul 19.00 WIB. Rute-rute tersebut yaitu 1H Tanah Abang-Gondangdia, 1N Tanah Abang-Blok M, 1P Senen-Blok M, 4C TU Gas-Bundaran Senayan, 5M Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini, 3 Kalideres-Monas via Veteran, 3F Kalideres-Gelora Bung Karno, dan 6B Ragunan-Balaikota via Semanggi.
 
Lalu 9C Pinang Ranti-Bundaran Senayan, 1 Blok M-Harmoni, 1A Pantai Maju-Balaikota, 2 Pulogadung-Monas, 2A Pulogadung 1-Rawa Buaya via Balaikota, 5C PGC1-Juanda, 6D Stasiun Tebet-Bundaran Senayan, 6M Stasiun Manggarai-Blok M, 6V Ragunan-Gelora Bung Karno, 9D Pasar Minggu-Tanah Abang, 10H Tanjung Priok-Bundaran Senayan, dan T11 Poris Plawad-Bundaran Senayan.
 
Sedangkan, untuk Kereta Commuter Indonesia beroperasi hingga 1 Januari 2024 pukul 02.00 WIB. Begitupun MRT Jakarta juga akan beroperasi hingga 1 Januari 2024 pukul 02.00 WIB, dengan headway (jarak antar kereta) flat 10 menit, kecuali pukul 00.00-01.00 dengan headway lima menit.
 
"Begitu pula dengan LRT Jakarta yang akan beroperasi hingga 1 Januari 2024 pukul 02.00 WIB dengan headway flat 10 menit," ucap Syafrin.
 
Pemprov DKI Jakarta pada malam pergantian tahun menyelenggarakan "Malam Muda Mudi Jakarta Global" dengan rangkaian acara mulai dari karnaval (Jakarnaval), panggung musik, pemutaran video, hingga penampilan pesawat nirawak (drone).
 
Acara "Malam Muda Mudi Jakarta Global" diisi enam segmen menarik, yakni Gemilang Silang Monas, karnaval, panggung utama Bundaran HI, "Kirana Jakarta", panggung Jalan MH Thamrin dan panggung Jalan Jenderal Sudirman.
Baca juga: Tim pengendali inflasi DKI tinjau harga dan ketersediaan pangan
Baca juga: 1.000 personel Dishub DKI atur lalu lintas pada malam Tahun Baru 2024
Baca juga: TransJakarta beroperasi 24 jam penuh pada malam Tahun Baru 2024

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023