Kota Bengkulu (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bengkulu mencatat sejak Januari hingga Desember 2023 terjadi sebanyak1.472 gempa bumi di wilayah Bengkulu.
 
"Selama 2023 telah terjadi gempa bumi sebanyak 1.472 kali dan gempa tersebut ada yang dirasakan dan ada yang tidak dirasakan oleh masyarakat," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bengkulu Anton Sugiarto di Bengkulu, Sabtu.
 
Menurut dia, gempa bumi yang terjadi di Bengkulu memiliki kekuatan bervariasi antara magnitudo 1.6 hingga magnitudo 5.9.

Baca juga: BMKG Bengkulu prediksi terjadi hujan deras pada malam Tahun Baru 2024
 
Kedalaman gempa yang terjadi di wilayah tersebut didominasi gempa dangkal kurang dari 60 kilometer dan kejadian gempa paling banyak di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara," katanya.
 
"Gempa bumi yang dirasakan oleh masyarakat tersebut tidak menimbulkan kerusakan," katanya.

Sementara itu, terkait potensi gempa bumi pada malam tahun baru, ia mengimbau masyarakat Bengkulu yang berencana merayakan malam pergantian tahun di luar rumah atau tempat keramaian agar tidak panik tetapi harus waspada.

Baca juga: BMKG Bengkulu gelar sekolah lapang gempa bumi guna antisipasi bencana
 
"Kita tahu Bengkulu daerah rawan bencana, sehingga kami imbau masyarakat jangan panik apabila terjadi gempa bumi," ujar dia.
 
Selain itu, BMKG Bengkulu juga menyediakan pos terkait informasi yang ingin diketahui masyarakat terutama cuaca dan iklim, sebab dengan adanya posko tersebut masyarakat Bengkulu tidak termakan isu hoaks atau berita palsu terkait gempa yang tidak jelas asal usulnya.

Ia juga mengimbau masyarakat Bengkulu agar selalu waspada terhadap bahaya gempa bumi dan memahami langkah-langkah mitigasi bencana gempa bumi.​​​​​​, serta selalu mempersiapkan diri untuk melakukan evakuasi apabila sewaktu-waktu merasakan gempa dan tidak terpancing dengan informasi yang atau isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Deformasi Lempeng Indo-Australia picu gempa M5,0 di wilayah Bengkulu
 
Diketahui, selama 2022 terjadi gempa bumi di Provinsi Bengkulu sebanyak 912 kali dengan kekuatan terbesar yaitu 6.8 magnitudo pada 11 November 2022 dan terendah yaitu 2.3 magnitudo.

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023