Gunung Boga merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kaltim, dan kami apresiasi komitmen pemerintah provinsi dalam menjaga alam
Paser (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggandeng perusahaan swasta untuk melaksanakan aksi penyelamatan lingkungan hidup dengan gerakan penanaman dua ribu pohon pinus di kawasan Gunung Boga Kabupaten Paser.

Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik bersama Bupati Paser Fahmi Fadli memimpin kegiatan penanaman ribuan bibit pinus tersebut di sekitar Gunung Embun, atau yang dikenal sebagai Gunung Boga di Desa Luan Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser pada Sabtu.

Aksi pelestarian lingkungan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Kehutanan dan PT KIDECO Jaya Agung.

Setelah penanaman, Akmal Malik menyampaikan komitmen kuat untuk terus menjaga keberlanjutan alam.

"Kami tanam 1.000 pinus dari Pemerintah Provinsi Kaltim, dan 1.000 dari PT Kideco Jaya Agung. Ini bagian dari upaya bersama kita untuk menjaga alam dan lingkungan. Gunung Boga merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kaltim, dan kami apresiasi komitmen pemerintah provinsi dalam menjaga alam," kata Akmal Malik usai kegiatan.

Akmal Malik juga mengingatkan bahwa Kaltim merupakan salah satu pemasok oksigen terbesar dunia.

"Kita bangga dengan posisi ini dan terus tumbuhkan pohon. Kita jaga lingkungan kita agar mendapatkan berkat dari Tuhan," katanya.

Akmal menegaskan, pada bulan Mei tahun 2024 nanti, rencananya akan dilakukan kegiatan serupa dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional.

"Dinas Kehutanan dan Dinas Pendidikan akan berkolaborasi untuk menanam kurang lebih 70.000 pohon endemik Kaltim di berbagai daerah," katanya.

Akmal Malik berharap seluruh kabupaten dan kota di Kaltim dapat ikut serta dalam aksi penanaman pohon ini. "Kita akan tanam pohon khas sesuai dengan kondisi masing-masing daerah. Ini baru permulaan, tapi kita harapkan aksi ini menginspirasi daerah lain," katanya.

Dia juga mengapresiasi kontribusi sektor swasta, khususnya PT KIDECO Jaya Agung, dan mengajak semua pihak untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Jangan buang sampah sembarangan, jaga lingkungan kita bersama," kata Akmal Malik.

Acara tersebut dirangkai dengan penyerahan 1.000 bibit pohon pinus dari PT Kideco Jaya Agung kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kemudian penyerahan 1.000 bibit pohon pinus oleh Pemprov Kaltim kepada pokdarwis Gunung Boga.

Turut Hadir pada acara itu Bupati Paser Fahmi Fadli, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim Joko Joko Istanto, serta Forkopimda Kabupaten Paser.

Pewarta: Arumanto
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023