Kami ingin memastikan infrastruktur yang telah dibangun bermanfaat untuk penduduk Priangan Timur
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan akan mengoptimalkan layanan transportasi massal di wilayah Priangan Timur, yang meliputi kota Tasikmalaya, Banjar, Garut, Ciamis, dan Pangandaran yang sejalan dengan pembangunan infrastruktur transportasi darat, kereta api dan udara.

"Kami ingin memastikan infrastruktur yang telah dibangun bermanfaat untuk penduduk Priangan Timur," ujar Menhub, Sabtu, saat meninjau sejumlah infrastruktur transportasi massal di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat di antaranya Bandara Wiriadinata, Stasiun Tasikmalaya, dan Terminal Tipe A Indihiang.

Di sektor udara, Menhub mengatakan akan mengupayakan adanya penerbangan berjadwal di Bandara Wiriadinata.

"Tadi Dirjen Perhubungan Udara dan Walikota Tasikmalaya sudah bersepakat untuk bersama-sama mengupayakan adanya penerbangan berjadwal. Kami mohon dukungan Pemda untuk menjamin okupansi pesawat sebanyak 70 persen. Kita usahakan ada dua penerbangan di sana," ujarnya.

Sementara untuk sektor kereta api, akan diupayakan penambahan perjalanan kereta api eksekutif yang berhenti di Stasiun Tasikmalaya, sebagaimana permohonan dari Walikota Tasikmalaya.

Selanjutnya di sektor darat, Menhub menyebut pelayanan di Terminal Indihiang sudah cukup baik.

Mulai dari adanya pemeriksaan kelaikan (ramp check) kendaraan bus secara berkala dan penyediaan berbagai fasilitas di area terminal penumpang, seperti layanan cek kesehatan gratis dan tempat bermain anak-anak.

"Kami akan terus tingkatkan pelayanan di terminal agar penumpang semakin nyaman dan transportasi massal bus semakin diminati," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Pj. Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf R. Henra Sukmadjidibrata, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Joko Sulistiono, dan Komandan Lanud Wiriadinata, Letkol Pnb Taufik Agus Hidayat.

Baca juga: Menhub imbau masyarakat lakukan perjalanan balik lebih awal

Baca juga: Menhub: Pembentukan Angkasa Pura Indonesia tingkatkan layanan bandara

Baca juga: Menhub mengapresiasi jumlah penumpang "Whoosh" tembus 1 juta orang

Baca juga: Menhub sebut proses bisnis layanan kepelabuhanan terus disempurnakan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023