Kenaikan Informasi Publik BUMN mencapai 2.500 persen dibandingkan dengan 2019. Semoga pada 2024 sudah bersih Informatif semua
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan peningkatan kualitas keterbukaan informasi pada ekosistem BUMN mencapai 2.500 persen dari 2019 hingga 2023.

"Kenaikan Informasi Publik BUMN mencapai 2.500 persen dibandingkan dengan 2019. Semoga pada 2024 sudah bersih Informatif semua," ujar Erick dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Keterbukaan Informasi Publik (KIP) badan usaha milik Negara (BUMN) terus bertambah. Sejak 2019 kenaikan KIP perusahaan - perusahaan negara itu meningkat 2.500 persen pada 2023 ini.

Salah satu BUMN, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bahkan sudah berhasil mencetak quattrick atau 4 tahun berturut-turut memperoleh predikat Informatif.

Predikat itu disematkan kepada KAI dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat. Penghargaan itu diberikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Predikat yang sama sempat diraih empat kali oleh PT Taspen. Meskipun tidak berturut - turut. PT Taspen memperoleh predikat Informatif dua kali tanpa jeda pada 2019 dan 2020 serta 2022 dan 2023.

Sementara itu, tiga BUMN lainnya, telah tiga kali berturut - turut memperoleh predikat Informatif. Ketiganya adalah PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), dan Perum Jasa Tirta II.

Sementara itu, 11 BUMN lainnya telah memperoleh Predikat Informatif sebanyak dua kali berturut - turut. Dan 10 BUMN lainnya baru pada 2023 ini mendapat Predikat Informatif.

Atas pencapaian tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan terima kasih kepada Komisi Informasi Pusat atas predikat Badan Publik Informatif yang diberikan kepada sebagian besar BUMN. Erick juga berterima kasih kepada seluruh insan BUMN yang telah bekerja keras mewujudkan predikat Informatif tersebut.

"Penghargaan ini menjadi perwujudan bahwa BUMN akan selalu memberikan pelayanan yang informatif, profesional, dan transparan kepada masyarakat. BUMN sebagai benteng perekonomian Indonesia juga terus berupaya memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat untuk mewujudkan Indonesia maju," ujar Erick.

Baca juga: Erick Thohir: 99,7 persen polis Jiwasraya beralih ke IFG Life

Baca juga: Erick Thohir: Penggabungan bawa Angkasa Pura masuk 5 besar pengelola bandara dunia

Baca juga: Erick Thohir rencanakan sinergi Bank Muamalat dan BTN Syariah

Baca juga: Erick Thohir: Indonesia butuh kebijakan pro petani

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023