Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jakarta Ida Mahmudah meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI sigap menangani sampah di malam Tahun Baru 2024 demi kebersihan kota.

"Jalan-jalan besar harus disiapkan petugas dan paling utama pengangkutan sampahnya yang perlu dipersiapkan sedemikian rupa," kata Ida saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Ida mengharapkan petugas ini nantinya disiagakan untuk berjaga di sejumlah titik keramaian saat acara pergantian malam tahun terutama di sepanjang Jalan Sudirman hingga Thamrin.

Harapannya, dengan adanya petugas yang sigap mengumpulkan sampah tanpa menunggu acara selesai, maka tidak akan terjadi penumpukan sampah yang diperkirakan mencapai 20 ton usai acara tersebut.

Selain petugas, Ida juga meminta para lurah menginstruksikan kepada Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) untuk menjaga kebersihan lingkungan selama malam Tahun Baru 2024.

“Jadi ada kerja sama antara DLH, lurah dan RT dan RW yang memang mengetahui betul titik mana saja wilayah mana saja yang mengadakan perayaan malam tahun baru,” katanya.

Baca juga: Ini rekayasa lalu lintas Jakarta saat malam Tahun Baru 2024
Baca juga: 1.000 personel Dishub DKI atur lalu lintas pada malam Tahun Baru 2024


Kepala DLH Asep Kuswanto mengatakan, pihaknya akan mengerahkan 3.180 personel kebersihan yang tersebar di lima titik wilayah DKI Jakarta selama malam Tahun Baru 2024.

Petugas itu terdiri dari sopir truk sampah, kru dan regu "comot" (pungut) dengan target Jakarta bersih pukul 05.00 WIB pada 1 Januari 2024.

“Karena buat di Monas saja itu kan ada sekitar 500 personel, lalu yang jaga di sepanjang Sudirman-Thamrin,” kata Asep.

DLH  DKI Jakarta juga meminta seluruh pengelola gedung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin untuk membuka akses ke toilet di lantai dasar saat berlangsung acara "Malam Muda Mudi Jakarta Global" pada malam Tahun Baru 2024.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar "Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global" dengan serangkaian acara dengan menghadirkan 11 panggung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin untuk memeriahkan Tahun Baru 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023