Jakarta (ANTARA) - Relawan akar rumput pendukung Menteri BUMN Erick Thohir atau Balad Erick Thohir wilayah Priangan Timur khususnya di Garut mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Harian Balad Erick Thohir, Ma'ruf Mutaqin mengatakan bahwa wilayah priangan timur khususnya Kabupaten Garut dipilih sebagai lokasi deklarasi karena merupakan basis terbesar relawan Balad Erick Thohir di Jawa Barat.

"Setidakmya, ada sekitar 60 ribu relawan yang telah terdata dan kini siap memenangkan Prabowo-Gibran," kata Ma'ruf dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ma'ruf menjelaskan bahwa Balad Erick Thohir merupakan pengembangan dari kelompok relawan pendukung Joko Widodo saat Pemilu 2019.

Dukungan yang diberikan kepada pasangan Prabowo-Gibran, disebutnya sebagai bagian dari cara mereka menunjukan komitmennya untuk tegak lurus terhadap sikap politik Joko Widodo.

"Balad Erick Thohir adalah metamorfosis dari Balad Jokowi yang berjuang keras untuk kemenangan Pak Jokowi dalam Pilpres 2019 di Jawa Barat dan Banten. Karena itu selalu tegak lurus dengan Pak Jokowi," kata dia.

Selain itu, dukungan terhadap pasangan calon nomor urut 2 diberikan karena adanya kesamaan visi misi dan komitmen dengan apa yang sudah dibangun di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Beberapa visi dan komitmen yang di maksud yakni pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta program hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

"Hanya pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran yang memiliki komitmen yang sama dengan Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Terutama soal IKN dan hilirisasi sumber daya alam,” katanya.

Dia menilai untuk memimpin sebuah negara diperlukan keberpihakan dan juga keberlanjutan dari pemerintahan sebelumnya.

Dengan visi misi dari Prabowo-Gibran, ia meyakini semua pembangunan yang telah dilakukan akan dirawat untuk kemudian disempurnakan.

“Populasi di kota-kota di dunia, diperkirakan akan meningkat dua kali lipat di tahun 2050. Jika proyek futuristik seperti IKN tidak didukung, entah akan seperti apa kehidupan di perkotaan di masa depan,” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ridwan Kamil optimistis elektabilitas Prabowo naik usai debat ketiga
​​​​​​​
Baca juga: Gibran "blusukan" ke Pasar Batu Cermin di Labuan Bajo

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023