Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi B DPRD DKI Ismail berharap 
penyambutan Tahun Baru 2024 melalui acara "Malam Muda Mudi" mampu memulihkan ekonomi warga Jakarta pascapandemi COVID-19 mengingat banyaknya pelaku UMKM yang dilibatkan.

"Kami berharap acara tersebut mampu bangkitkan perekonomian masyarakat yang belum pulih total karena terdampak pandemi Covid-19 tahun lalu," kata Ismail di Jakarta, Sabtu.

Ismail juga berharap dari acara tersebut nantinya ada peningkatan segi kualitas kegiatan maupun peningkatan dari peserta yang terlibat sehingga mampu mendongkrak ekonomi.

Hal itu mengingat akan ada 84 pelaku usaha mikro, kecil menengah (UMKM) binaan Jakarta Enterpreneur (Jakpreneur) yang ikut memeriahkan bazar di "Malam Muda Mudi".

Baca juga: Legislator minta DLH DKI sigap tangani sampah malam tahun baru

Ia juga berharap Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI tidak hanya memanfaatkan malam pergantian tahun untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.

Namun juga memanfaatkan momen libur panjang anak sekolah dan Hari Natal dengan cara membuat kegiatan yang melibatkan penggiat seni dan para UMKM.

“Ini momennya tepat ya, liburan panjang sehingga ada peluang besar untuk mengoptimalkan momen tersebut, terutama dari sisi ekonominya,” ujarnya.

Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata menjelaskan ada enam panggung di sepanjang Jalan Sudirman. Yakni panggung Sinergi BUMD, panggung ORIX, panggung sekitar Mid Plaza, panggung depan Mori Tower, panggung pintu tujuh Senayan dan panggung di dekat FX.

Baca juga: Ini rekayasa lalu lintas Jakarta saat malam Tahun Baru 2024

Lalu lima panggung di sepanjang Jalan Thamrin. Masing-masing panggung Gemilang Silang Monas, panggung Jakarnaval di pintu barat daya Monas, panggung Jakarnaval di depan Bank Indonesia (BI), panggung Sarinah dan panggung utama di Bundaran HI.

“Segmen pertama Gemilang Silang Monas, jadi di Monas ada video mapping, air mancur menari. Lalu di Jakarnaval akan ada beragam mobil hias dengan dekorasi karya anak bangsa, dan lainnya yang bakal keren,” tutur Andhika.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo menjelaskan, pihaknya
membuka peluang untuk 84 pelaku UMKM memeriahkan bazar pada acara "Malam Muda Mudi".

“Dalam rangka menyukseskan 'Malam Muda Mudi' pada malam pergantian tahun 2023-2024, kami hadirkan bazar UMKM, Festival Great Sale tanggal 31 Desember,” kata Ratu.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023